Ini Dia Prestasi dan Jabatan Mentereng Irjen Nico Afinta

Irjen Nico Afinta Dicopot dari Kapolda Jatim, Ini Pengantiinya
Irjen Nico Afinta Dicopot dari Kapolda Jatim, Ini Pengantiinya (Foto : Dok. Humas Polda Jatim)

AntvIrjen Nico Afinta adalah sosok polisi berpangkat bintang 2 yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, 30 April 1971.

Ia lulusan dari Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang pada tahun 1992. Semenjak lulus dari AKPOL tercatat ia sudah mengemban tugas dengan jabatan yang strategis hingga awal reformasi di tahun 1998.

Jabatan yang pernah ia emban diantaranya adalah; Pamapta Poltabes Semarang Polda Jateng (1993), kemudian Kanit Poltabes Semarang Polda Jateng (1994), lalu Danton Taruna Akpol (1996), dan Danki Taruna Akpol (1997) serta UN IPTF Pas PBB XIV Bosnia Herzegovina (1997-1998).

Sepulang tugas dari Bosnia Herzegivina, Nico Afianta mendapat jabatan baru yaitu sebagai Kapolsek Metro Ciputat Polres Metro Jaksel Polda Metro Jaya (2000).

Selain sukses di karir Kepolisian, Nico juga moncer di dunia pendidikan non Kepolisian. Usai menyelesaikan sekolahnya di Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Jakarta, kemudian ia melanjutkan pendidikan di bidang hukum untuk jenjang S2 dan S3 di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Puncak kesuksesannya di pendidikan non Kepolisian, ia berhasil meraih gelar doktor pada tahun 2016, berbarengan dengan kelulusannya di Sespimti Polri.

Diketahui, Nico Afianta pernah betugas lama di Polda Metro Jaya. Ia pernah menjabat Wadirreskrimum Polda Metro Jaya tahun 2011, Dirresnarkoba Polda Metro Jaya tahun 2016, Dirreskrimum Polda Metro Jaya tahun 2017.