STFC Bersama Bea Cukai Bandara Soetta Sosialisasikan e-CD Bagi Jemaah Haji dan Umroh

Ketua Umum STFC, Andriantio Soedjarwo,
Ketua Umum STFC, Andriantio Soedjarwo, (Foto : Rangga/ANTVklik.com)

Antv – Soekarno-Hatta Trade Facilitation Committee (STFC) bekerja sama dengan Kantor Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menggelar sosialisasi implementasi Electronic Customs Decleration (e-CD), sebagai sarana penyebaran informasi peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa bandara khususnya jemaah haji dan umroh.

Dalam keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, Minggu (12/2/2023) sosialisasi itu dilaksanakan selama dua hari yakni secara luring pada 2 Februari 2023, kemudian hari kedua pada 3 Februari 2023 digelar secara daring atau virtual, di Gedung B Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Ketua Umum STFC, Andriantio Soedjarwo, dalam sambutan pembukaannya menyatakan diperlukan sinergi antara regulator dan pelaku usaha di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

“Sosialisasi ini sangat penting, mengingat masih banyak jemaah haji, umroh dan travel agent yang belum memahami pentingnya pengisian e-CD dan juga ketentuan terkait barang bawaan penumpang,” kata Andriantio.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bea Cukai Soetta, Finari Manan, menyampaikan ia menyambut baik inisiasi STFC atas kegiatan sosialisasi itu karena seperti yang dikatakan Ketua Umum STFC bahwa masih pengguna jasa bandara khususnya jemaah haji dan umroh hingga agent travel-nya yang belum memahami pentingnya pengisian e-CD serta ketentuan barang bawaan penumpang.

“Saya berharap sosialisasi ini bisa terus mempererat kerja sama dan hubungan seluruh stakeholders terkait di Bandara Soetta, sehingga pelayanannya terus meningkat,” ujar Finari.