PSSI Hukum Perangkat Pertandingan, Ada yang Sampai Pekan ke-16 Liga 1

PSSI (Foto: pssi.org)
PSSI (Foto: pssi.org) (Foto : )

Berbagai perangkat pertandingan mulai dari wasit, additional assistant referee, hingga asisten wasit mendapatkan berbagai macam jenis hukuman yang berbeda. Mulai dari tidak ditugaskan selama empat pekan hingga sepuluh pekan. Bahkan, sejumlah wasit dikabarkan tidak akan menerima tugas hingga pekan ke-16 atau setengah musim kompetisi Liga 1 2022/2023. Sance Lawita menjadi s menjadi salah satu orang yang menerima sanksi.

Ia bertugas sebagai wasit dalam laga Borneo FC vs Persebaya pada pekan kelima. Sance Lawita dinilai lalai menerapkan pasal 12, hanya memberikan kartu kuning yang semestinya kartu merah kepada pemain Borneo FC yang melanggar pemain Persebaya dengan tenaga berlebihan atau very very dangerous Play.

"PSSI berharap seluruh perangkat pertandingan menjalankan tugas sesuai Law of The Game (LOTG). Setiap wasit yang menjalankan tugas dengan baik pasti ada award, namun bila tidak menjalankan tugas dengan baik akan ada pembinaan tanpa tugas" kata Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh seperti dikutip dari laman PSSI pada Minggu, 21 Agustus 2022.

Ahmad Riyadh menambahkan, bahwa wasit-wasit yang belum pernah mendapatkan pembinaan khusus tanpa tugas agar berhati-hati menjalankan tugas. Ia berharap mereka tetap fokus dan jalan tugas sesuai LOTG.

"Untuk perangkat pertandingan yang sedang menjalani pembinaan khusus tanpa tugas, tentu kami akan memberikan semangat dan akan melakukan meeting menanyakan kesiapan mental serta fisiknya agar kedepannya tidak melakukan kesalahan, " tambahnya.