Fabio Quartararo Tekankan Pentingnya Pole Position di MotoGP Indonesia

Fabio Quartararo Pole Position di MotoGP Indonesia 2022
Fabio Quartararo Pole Position di MotoGP Indonesia 2022 (Foto : )
Fabio Quartararo tekankan pentingnya Pole Position di MotoGP Indonesia. Juara bertahan MotoGP Fabio Quartararo sukses merebut pole position di MotoGP of Indonesia di saat banyak pembalap terjatuh.
Pembalap Yamaha Monster Energy Fabio Quartararo menjadi pembalap terdepan pada balapan MotoGP ofIndonesia di Pertamina International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022).Hal tersebut dipastikan setelah Fabio Quartararo menyelesaikan sesi Kualifikasi Q2 di Pertamina Grand Prix of Indonesia di urutan pertama. Quartararo diikuti dua pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco, bakal menempati posisi kedua dan ketiga di start Minggu, 20 Maret 2022.
 Juara Dunia MotoGP 6 Kali Marc Marquez 2 kali Terjatuh di Mandalika Sementara itu, ketatnya persaingan Antara para pembalap dalam merebut best time untuk menjadi pole sitter banyak memakan korban. Banyak pembalap yang terjatuh di lintasan baru Sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat ini.Korban dari Sirkuit yang baru pertama kali dipakai menggelar ajang MotoGP ini termasuk sang juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez (Honda). Pembalap andalan Tim Repsol Honda ini, mengalami dobel crash pada sesi kualifikasi MotoGP di Sirkuit Mandalika tersebut.Namun pembalap Yamaha Monster Energy Fabio Quartararo yang tampil lebih tenang justru mampu menorehkan catatan waktu terbaik 1 menit 31,067 detik dengan top speed menyentuh 306,8 km/jam. Catatan waktu dan top speed Fabio Quartararo menjadi catatan rekor baru Sirkuit Mandalika mulai tahun 2022.“Penting untuk memulai balapan di sini dari depan, karena sulit untuk menyalip,” ujar juara dunia MotoGP tersebut.Alasan inilah yang memaksa Fabio Quartararountuk memacu kendaraannya lebih cepat saat melihat didepan motornya tidak ada hambatan. Fabio juga merasakan bahaya setiap saat mengancam di setiap tikungan Sirkuit Mandalika karena mempunyai karakteristik tikungan cepat.“Saya pikir tadi sempat akan kehilangan kendali di Tikungan 2, tetapi saya akhirnya masih dapat pole,” kata Fabio Quartararo.[caption id="attachment_510958" align="alignnone" width="900"] Fabio Quartararo tekankan pentingnya Pole Position di MotoGP Indonesia Pembalap Yamaha Monster Energy Fabio Quartararo menjadi pembalap terdepan pada balapan MotoGP of Indonesia di Pertamina International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022). (Foto : Mandalika)[/caption]“Lintasan ini sulit dan menantang, terutama untuk roda belakang. Untuk pertama kalinya, saya merasakan ban menjadi panas setelah hanya satu lap.”“Kami masih melakukan beberapa kesalahan di lap tercepat sekali pun.”Sementara itu, duo Honda yang dijagokan beberapa pihak sebelum sesi kualifikasi bergulir, harus puas berada di posisi ke-15 dan ke-16 masing-masing untuk Marc Marquez dan Pol Espargaro.Marquez mengalami crash saat beraksi di Q1. Rider asal Spanyol itu kehilangan kendali ban depan di Tikungan 13 saat melakukan flying lap keduanya.Marc Marques kembali ke paddock dengan tanpa cidera. Dengan diantarkan Marshal yang standby setiap saat disekeliling lintasan, Marques mampu kembali ke Paddock dan mengendaraai motor cadangan untuk melanjutkan kualifikasi.Namun dengan sisa waktu yang hanya ada 3 menit, Marc Marques terlalu memaksakan motornya untuk melaju kencang. Kemungkinan besar karena ban motornya belum panas merata, tak lama kemudian, ia kembali mengalami crash untuk kedua kalinya dalam kualifikasi Q2, kali ini di Tikungan 12.