Senegal Raih Gelar Perdana Piala Afrika Lewat Drama Adu Pinalty

Senegal vs Mesir 4-2 (pen) tim selebrasi
Senegal vs Mesir 4-2 (pen) tim selebrasi (Foto : )
Senegal raih gelar perdana Piala Afrika lewat drama adu pinalty. Timnas Senegal sukses merebut juara Piala Afrika untuk pertama kalinya setelah di final berhasil mengalahkan Mesir dalam drama adu pinalti 4-2.
Tim Nasional (Timnas) Senegal akhirnya berhasil mewujudkan mimpi meraih juara Piala Afrika untuk pertama kalinya. Senegal memastikan diri menjadi juara Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Mesir di partai final.Namun Senegal meraih kemenangan itu dengan susah payah karena mereka harus melalui babak adu penalti untuk bisa menumbangkan Mesir di partai final dengan skor 4-2.Bermain di Stadion Paul Biya, Kamerun, Timnas Senegal sukses merebut juara Piala Afrika untuk pertama kalinya usai Sadio Mane menjadi penentu kemenangan timnya di babak adu penalti, Senin (7/2/2022) dini hari WIB. Senegal kalahkan Mesir lewat drama adu penalti dengan skor 4-2 untuk merebut juara Piala Afrika 2021 dari Mesir.Sebagai sang algojo penentu, Sadio Mane berhasil mengeksekusi tendangan pinalti dengan sempurna sehingga membuat Mohamed Salah dan kawan-kawan kalah di final Piala Afrika 2021 tersebut.Pertandingan final antara Senegal melawan Mesir harus dilanjutkan ke babak adu penalti karena kedua tim bermain sama kuat tanpa gol di waktu normal. Senegal dan Mesir sama sama tidak bisa mencetak gol hingga skor 0-0 bertahan di akhir waktu normal. Bahkan Senegal dan Mesir tetap kesulitan untuk mencetak gol hingga akhir babak tambahan waktu 2 x 15 menit. 
Babak Pertama Senegal vs Mesir Senegal dan Mesir mencoba untuk tancap gas sejak babak pertama dimulai. Aksi saling menyerang pun terjadi di menit-menit awal, namun kedua tim mampu menunjukan pertahanan yang solid sehingga tak ada peluang yang cukup baik untuk membobol gawang lawan.Serangan gencar Senegal pada menit ke 5’ membuahkan hasil. Senegal mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Mohamed Abdelmonem melakukan pelanggaran di kotak terlarang.Namun Sadio Mane yang menjadi eksekutor tendangan pinalti gagal melaksanakan tugasnya dengan baik untuk menjebol gawang Mesir yang dikawal kipper M. Abou Gabal, sehingga skor masih imbang 0-0.Setelah gagal meraih keunggulan dari titik putih, Senegal terus berupaya untuk bisa mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa terobosan berhasil dilakukan, namun Mesir mampu menghalaunya dengan sangat baik sehingga Senegal cukup kesulitan untuk mencari celah membobol gawang M. Abou Gabal.Meski mendapatkan tekanan dari Senegal, Mesir juga terus berupaya mencetak gol dengan serangan balik yang kerap dilakukan oleh Mohammed Salah dan kolega. Namun lini pertahanan Senegal tampak sudah siap sehingga peluang-peluang tersebut bisa dihentikan dengan mudah.Mesir tidak tinggal diam dan balas menyerang. Mohamed Salah mampu menciptakan peluang pada menit ke-43’, untuk membuat Mesir memimpin jalannya pertandingan. Namun Edouard Mendy mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hasinya skor imbang 0-0 pun bertahan hingga akhir babak pertama.  Babak Kedua Senegal vs Mesir Senegal yang dimotori oleh Sadio Mane terus berupaya untuk mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa peluang pun kembali bisa didapatkan, namun kiper Mesir M. Abou Gabal beberapa kali menghalau serangan Senegal, sehingga kedudukan tetap bertahan imbang 0-0.Setelah kesulitan untuk untuk melakukan serangan dengan baik, pelatih Mesir El-Sayed El-Dhizui melakukan beberapa perubahan dengan mengganti beberapa pemainnya. Para pemain baru dari bangku cadangan Mesir ini diharapkan lebih segar dan bisa menciptakan peluang-peluang baru bagi Mesir.Hasilnya, Mesir pun menciptakan lebih banyak peluang yang berpotensi besar menjadi sebuah gol. Meski demikian Senegal mampu mengantisipasi hal tersebut dengan tak membiarkan Mesir terus menguasai jalannya pertandingan.Senegal nampak menikmati penguasaan bola di menit menit akhir babak kedua. Mereka sedang menunggu momen yang tepat untuk membuka kesempatan menyerang, namun Mesir tidak membuat rencana tersebut dilaksanakan dengan mudah dengan terus menunjukan pertahanan yang solid.Hasilnya hingga akhir waktu normal berakhir, kedua tim belum mampu mencetak satu gol pun di laga tersebut. Oleh karena itu penentuan pemenang antara Senegal dan Mesir harus dilanjutkan melalui babak perpanjangan waktu.[caption id="attachment_507060" align="alignnone" width="900"] Senegal raih gelar perdana Piala Afrika lewat drama adu pinalty