Stok Vaksin Covid-19 Kosong, Vaksinasi Puskesmas di Kota Palembang Tunggu Kemenkes

Petugas penjaga gudang vaksin Covid-19 Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. ( Foto: Ganda Kopatra/ANTV)
Petugas penjaga gudang vaksin Covid-19 Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. ( Foto: Ganda Kopatra/ANTV) (Foto : )
Stok vaksin Covid-19  di Puskesmas Kota Palembang kosong. Kekosongan itu menjadi perhatian serius bagi Pemerintahan Kota Palembang karna masih banyaknya warga yang belum tervaksin.
Stok vaksin Covid-19 di Kota Palembang habis. Habisnya stok vaksin itu, mengakibatkan sejumlah puskesmas di wilayah Kota Palembang, berhenti untuk memberikan layanan vaksinasi kepada warga Kota Palembang.Hal ini jadi perhatian serius bagi Pemerintahan Kota Palembang karna masih banyaknya warga yang belum mendapat layanan vaksin Covid-19.Wakil Walikota Palembang , Fitrianti Agustinda membenarkan adanya kekosongan stok vaksin di setiap puskesmas Kota Palembang.“Hari ini tidak ada layanan vaksinasi sinovac yah, karena kan vaksinnya sedang kosong, kita sedang menunggu,” ujar Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda. Rabu (27/7/2021).Menanggapin hal itu, Menurut Fitrianti, Pemerintahan Kota Palembang bersama dinas kesehatan, sudah mengajukan penambahan vaksin kepada Kementrian Kesehatan.Namun belum mengetahui pasti kapan distribusi vaksin akan dilakukan.“ Ada kendala sedikit dari penyaluran distribusi dari Kementerian Kesehatan untuk vaksinasi sinoivac, jadi kita masih menunggu kalo memang vaksinasinya sudah datang, tentunya pelaksanaan vaksinasi ini kita akan laksanakan kembali,” tambah Fitrianti.Kosongnya stok vaksin di sejumlah puskesmas  terjadi setelah distribusi dari Dinas Kesehatan Sumsel belum terealisasi menyeluruh.Ketersediaan stok vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi sedikit, Akibatnya distribusi untuk Palembang pun mengalami pengurangan jatah dari normal pada pekan terakhir Juli 2021.Sekitar 230 vial dari normal bisa mencapai 600 vial. Jumlah itu, hanya untuk 2.300 dosis[caption id="attachment_482711" align="alignnone" width="901"]
Sejumlah box pendingin penyimpan stok vaksin Covid-19, yang kini mulai kosong setelah belum ada distribusi vaksin dari Kementerian Kesehatan. ( Foto: Ganda Kopatra/ANTV) Sejumlah box pendingin penyimpan stok vaksin Covid-19, yang kini mulai kosong setelah belum ada distribusi vaksin dari Kementerian Kesehatan. ( Foto: Ganda Kopatra/ANTV) [/caption]Fitrianti Agustinda mengatakan optimis, jika vaksin Covid-19 tersedia, percepatan vaksinasi bisa dilakukan  di puskemas ditingkat kecamatan dan ditingkat kelurahan seluruh wilayah Kota Palembang.Berdasarkan jumlah total sasaran vaksinasi terdata di Dinas Kesehatan Palembang, rincian vaksinasi Covid-19 akan diberikan kepada SDM kesehatan 14.780 orang, petugas publik 189.012 orang, 181.030 lansia.Sementara, sasaran vaksinasi Covid-19 bagi remaja sebanyak 192 ribu orang, serta untuk masyarakat rentan dan umum sebanyak 664.717 orang. Ganda Kopatra | Palembang