Mantan Winger Timnas Belanda Arjen Robben Gantung Sepatu

Arjen Robben gantung sepatu usai perkuat Groningen
Arjen Robben gantung sepatu usai perkuat Groningen (Foto : )
Mantan winger Timnas Belanda Arjen Robben gantung sepatu. Eks winger Bayern Munich Arjen Robben secara resmi mengumumkan pension sebagai pemain sepakbola.
Arjen Robben mengakhiri karier sepakbola profesionalnya selama 21 tahun. Mantan bintang Bayern Munich ini sempat kembali ke Liga Belanda dan berbaung dengan tim Eredivisie Groningen, sebelum menyatakan pensiun.Mantan penggawa Bayern Munich dan Chelsea Arjen Robben telah mengumumkan pensiun dari sepakbola profesional di usianya yang ke-37. Sebelumnya Robben sempat memutuskan gantung sepatu pada tahun 2019 setelah menjalani musim terakhir bersama Bayern.Akan tetapi Robben akhirnya berubah pikiran setahun kemudian dengan kembali ke klub Groningen di Liga Belanda - klub di mana ia memulai kariernya tahun 2000 lalu.Meski Groningen menawarkan kontrak baru berdurasi satu tahun, Robben memilih untuk meninggalkan sepakbola setelah menjalani musim 2020/21 yang penuh cidera.Robben telah mengonfirmasi kabar ini melalui media sosialnya dan menyampaikan pesan kepada para pengikutnya."Kawan-kawan sepakbola, saya telah memutuskan untuk menghentikan karier sepakbola saya," cuit Robben lewat Twitter."Keputusan yang sangat sulit. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan yang hangat!""Salam, Arjen."https://twitter.com/ArjenRobben/status/1415623419819958275Arjen Robben melakoni debut buat Groningen saat bentrok kontra PSV bulan September tahun lalu. Sayangnya ia harus ditarik saat laga baru berjalan 28 menit saja lantaran cidera betis parah.Mantan penggawa Belanda ini menghabiskan tujuh bulan untuk sembuh sebelum kembali merumput bersama Groningen ketika dikalahkan Heerenveen April 2021 lalu. Ia akhirnya hanya mengoleksi tujuh penampilan dengan dua assist tanpa mampu mencetak satu pun gol untuk Groningen.Meski tahun terakhirnya terdengar merana, Robben akan dikenang sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya setelah bertahun-tahun membuat bek lawan kelimpungan akibat kecepatan yang eksplosif dan teknik menggiring bola yang tiada tanding.Robben memulai karier senior di Groningen sebelum direbut PSV Eindhoven pada tahun 2002. Berkat penampilan memukau dan berhasil mempersembahkan Eredivisie bagi PSV, Chelsea yang tengah menjalani renaisans bersama Roman Abramovich mengetuk pintunya dua tahun kemudian.Robben menambah enam trofi selama di Stamford Bridge, termasuk dua gelar Liga Primer dan Piala FA, ia juga berjasa atas 19 gol dalam 109 penampilan bagi The Blues.Setelah itu, Real Madrid memboyongnya dengan harga €35 Juta pada tahun 2007. Ia mengawinkan La Liga dengan Supercopa de Espana di musim debutnya bersama Los Blancos, namun justru dijual ke Bayern setelah memble di musim kedua.Bersama Bayern Munich kilap Robben menyilaukan penonton di Allianz Arena. Robben mencetak 144 gol dan 101 assist dalam 309 pertandingan. Tidak heran jika Robben berhasil mengoleksi 20 trofi, termasuk Liga Champions dan delapan kali juara Bundesliga, bersama Bayern Munich.[caption id="attachment_479089" align="alignnone" width="900"]
Mantan bintang Bayern Munich ini sempat kembali ke Liga Belanda dan berbaung dengan tim Eredivisie Groningen Mantan bintang Bayern Munich ini sempat kembali ke Liga Belanda dan berbaung dengan tim Eredivisie Groningen, sebelum menyatakan pensiun. (Foto : Arjen Robben)[/caption]Nama Arjen Robben juga harum bersama Timnas Belanda dengan mencetak 37 gol dalam 96 penampilan bagi De Oranje. Arjen Robben berhasil membawa Belanda mencapai final Piala Dunia 2010.