Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Pati Kewalahan Tampung Pasien

Antrean pasien covid-19 di instalasi gawat darutat rumah sakit kelaurga sehat untuk mempeorleh layanan rawat inap. Senin ( 8/6) siang. ( Foto:  Abdul Rohim )
Antrean pasien covid-19 di instalasi gawat darutat rumah sakit kelaurga sehat untuk mempeorleh layanan rawat inap. Senin ( 8/6) siang. ( Foto: Abdul Rohim ) (Foto : )
Sejumlah rumah sakit over kapasitas, Antrean pasien Covid-19 meluber di ruang instalasi gawat daraurat. Antispasi rumah membuat ruang isolasi tambahan.  
Tingginya lonjakan kasus Covid-19 di Pati, Jawa Tengah, membuat sejumlah rumah sakit mengalami over kapasitas.Antrean pasien di rumah sakit, umumnya dipadati pasien penderita Covid-19.Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati, di Jalur Pantura Pati-Kudus, yang berada di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo, misalnya, pasien Covid-19 yang datang membludak.Terjadi antrean panjang pasien di ruang instalasi gawat darurat rumah. Para pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu, menunggu di luar ruangan untuk mendapatkan ruang rawat inap.Direktur Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati,  Kelvin Kurniawan mengatakan, tercatat sebanyak 72 pasien Covid-19 yang mendaftar untuk dirawat. Namun, kapasitas ruangan rawat rumah sakit hanya memuat 57 orang pasien." Artinya over kapasitas. Namun kami mengantisipasi dengan menambah ruang kapasitas kami dengan membuat ruang transit untuk bisa melayani pasien yang datang ke IGD,”  kata Kelvin.Lebih jauh Kelvin menyebut, penuh sesaknya antrean pasien Covid-19 di Rumah Sakit Keluarga Sehat lantaran adanya limpahan pasien dari rumah sakit tetangga kabupaten, yaitu Kabupaten Kudus.“Dengan adanya peningkatan di kabupaten tetangga pati, yaitu kabupaten kudus, jumlah apsien Covid-19 di rumah sakit memang meningkat, Selain itu diikuti juga jumlah meningkatnya pasien Covid-19 dari masyarakat pati,” kata Kelvin lagi.[caption id="attachment_469800" align="alignnone" width="900"]
seorang pasien sedang menjalani perawatan di ruang igd rumah sakit sambil menunggu mendapat ruang rawat inap ( Foto: Rohim/ANTV)Seorang pasien sedang menjalani perawatan di ruang igd rumah sakit sambil menunggu mendapat ruang rawat inap ( Foto:  Abdul Rohim/ANTV) [/caption]Atas kondisi itu, pihaknya telah berupaya untuk melakukan penambahan ruang perawatan agar bisa melayani pasien yang datang ke IGD. Diantaranya, memanfaatkan ruang eks parkir ambulans yang masih layak bagi pasien transit.Data resmi laman covid19.patikab.go.id, menyebutkan total warga Kabupaten Pati yang menjadi pasien suspek dirawat ada sebanyak 121 orang, dan yang masih konfirmasi sebanyak 65 orang.Sementara status pasien positif Covid-19, yang kini dalam perawatan pihak rumah sakit sebanyak 175 orang pasien. Abdul Rohim | Pati, Jawa Tengah https://youtu.be/7U_dXpbzp8k