Ini Alasan Shin Tae-yong Memilih 28 Pemain Timnas yang Didominasi Pemain 22 Tahun ke Bawah

Ini Alasan Shin Tae-yong Memilih 28 Pemain Timnas yang Didominasi Pemain 22 Tahun ke Bawah
Ini Alasan Shin Tae-yong Memilih 28 Pemain Timnas yang Didominasi Pemain 22 Tahun ke Bawah (Foto : )
28 Pemain Timnas Indonesia  yang telah dipilih Shin Tae -yong pada Rabu (12/5) kemarin, berisikan para pemain berusia 22 tahun kebawah. Banyak opini bahwa pemain-pemain muda tak memiliki pengalaman berlaga di ajang internasional, apalagi kali ini untuk kualifikasi Piala Dunia, namun Shin Tae-yong memiliki alasan kuat memilih pemain muda.
28 pemain pilihan Shin Tae-yong akan diberangkatkan ke Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menjalani tiga sisa lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, sekaligus dua laga uji coba UEA.Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang saat itu ada di lokasi pemusatan pelatihan mengatakan bahwa pelatih memilih kebutuhan Timnas, yang menurut Shin adalah siap secara mental, disiplin, fisik dan skill terbaik."Ini adalah pilihan dari Shin Tae-yong. Bukan berarti yang ditinggal di Indonesia tidak baik, tetapi ini sekali lagi murni pilihan pelatih, namun pelatih hanya membutuhkan 28 pemain, " kata Iriawan melansir laman resmi PSSI."Setiap pelatih mempunyai selera untuk memilih pemain. Ya kita hormati saja pilihan pelatih,’’ imbuh pria yang biasa dipanggil Iwan Bule itu.Uniknya, untuk menghadapi laga kelas Piala Dunia, skuad pilihan pelatih asal Korea Selatan itu didominasi pemain muda, berusia 22 tahun ke bawah.Bahkan ia memutuskan untuk tak membawa gelandang Persija yang juga dalah pemain terbaik di Piala Menpora 2021, Marc Klok.Memang Indonesia sudah tak berpeluang di Kualifikasi Ppiala Dunia ini, namun Indonesia bisa memperbaiki rangking FIFA. Sampai saat ini Indonesia masih bercokol di peringat 173.Shin Tae-yong kemudian mengungkapkan alasan memilih pemain muda, yang dinilai kurang berpengalaman di ajang internasional."Karena memang sebelumnya Liga Indonesia tidak bergulir selama satu tahun lebih," kata pelatih Shin kepada awak media, Selasa (11/5)."Jadi performa pemain juga menurun, otomatis fisik menurun juga. Jadi saat TC saja kami bisa panggil pemain-pemain muda, baru bisa diubah mental atau pikiran dan fisik mereka lebih baik.""Dengan (kemampuan) fisikal kuat kita bisa menghadapi lawan yang nanti akan bertemu dengan kita di Kualfikasi Piala Dunia," tambahnya lagi.Sejak awal datang ke Indonesia, Shin Tae-yong memang selalu menekankan pada fisik pemain yang bagus.Menurutnya, jika fisik seorang baik, maka permainan yang baik pun akan mengikuti.Shin juga berharap 28 pemain terpilih bisa menampilkan kemampuannya secara maksimal, karena disana sudah tak lagi mejalani puasa."Masih ada waktu untuk mengembalikan fisik pemain. Nanti di Dubai, setelah tidak puasa lagi, fisik mereka akan meningkat. Yang paling penting kemauan dan kerja keras mereka sudah terlihat saat pemusatan latihan di Jakarta," ujar pelatih 51 tahun itu.Rencananya, seluruh skuad dan tim offisial akan berangakat pada Senin (17/5) pukul 11.40 WIB.Sementara itu, 5 pemain yang kini sedang berada di luar negeri akan langsung diterbangkan ke Dubai dari tempatnya masing-masing.Mereka adalah Elkan Baggott (Inggris), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia) dan Ryuji Utomo (Malaysia).

Daftar 28 pemain yang dibawa ke Dubai, UEA

1. Nadeo Argawinata, Bali United2. M Adi Satryo, PS Sleman3. Aqil Savik, Persib4. Andy Setyo, Tira Persikabo5. Rachmat Irianto, Persebaya6. Rizki Ridho, Persebaya7. Ryuji Utomo, Penang FC8. Nurhidayat Haji, PSM9. Elkan Baggot, Kings Lynn Town10. Firza Andik, Tira Persikabo11. Pratama Arhan, PSIS12. Rifad Marasabessy, Borneo FC13. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners14. Koko Ari, Persebaya15. Evan Dimas, Bhayangkara FC16. Ady Setiawan, Persebaya17. Kadek Agung, Bali United18. Syahrian Abimanyu, Newcastle Jets19. Genta Alfaredo, Semen Padang20. Witan Sulaeman, FC Radnik Surdulica21. Adam Alis, Bhayangkara FC22. Egy Maulana, Lechia Gdansk23. Yakob Sayuri, PSM24. Osvaldo Haay, Persija25. Kushedya Yudo, Arema FC26. M Rafli, Arema FC27. Saddam Emiruddin, PS Sleman28. Braif Fatari, Persija