Timnas Indonesia Lanjutkan Kualifikasi Piala Dunia di Uni Emirat Arab Juni 2021

Ketum PSSI foto bareng bersama Timnas Senior
Ketum PSSI foto bareng bersama Timnas Senior (Foto : )
Timnas Indonesia lanjutkan Kualifikasi Piala Dunia di Uni Emirat Arab Juni 2021. Saatnya bagi pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk menyiapkan pemain senior untuk menjalani 3 laga sisa babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kini mendapatkan jadwal yang pasti untuk sisa 3 laga Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. Konfederasi sepakbola Asia, AFC sudah menetapkan tuan rumah dari masing-masing grup untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang juga akan dipakai sebagai babak Kualifikasi Piala Asia 2023.Babak kualifikasi ini akan dimulai pada Mei 2021 nanti dimana seluruh pertandingan pada babak kualifikasi tersebut bakal digelar secara terpusat sebagai dampak dari Pandemi Covid-19. Pilihan untuk melanjutkan babak kualifikasi di satu tempat atau satu lokasi karena saat ini mobilitas seluruh tim peserta sedang terbatas sebagai dampak dari Pandemi Virus Corona yang masih mewabah di dunia.Sesuai dengan keputusan AFC, Timnas Indonesia akan sibuk menjalani lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni 2021 mendatang. Indonesia sebagai penghuni Grup G akan melanjutkan kiprah mereka pada babak kualifikasi Juni mendatang. Timnas Indonesia masih memiliki sisa 3 pertandingan lagi yaitu menghadapi Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai lawan Tim Merah-Putih pada event tersebut.Pada keterangan pers yang dirilis Jumat, 12 Maret, AFC mengumumkan bahwa Grup G akan dimainkan secara terpusat dan UEA dipercaya sebagai tuan rumah. Dengan demikian Timnas Indonesia akan menjalani 3 pertandingan sisa di Uni Emirat Arab. Hal ini menepiskan dugaan bahwa Vietnam atau Thailand paling siap untuk menjadi tuan rumah."Uni Emirat Arab terpilih sebagai tuan rumah Grup G, yang terdiri dari penantang asal ASEAN seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Indonesia," kutip AFC dalam pengumuman mengenai penetapan tuan rumah untuk lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.
Timnas Indonesia Sudah Tidak Ada Peluang Lolos Dari Grup G Sebagai informasi, Indonesia berada di Grup G dan di klasemen akhir posisi Skuat Garuda berada di dasar klasemen karena hanya mendapatkan hasil buruk dan merasakan kekalahan dari lima laga yang sudah dilalui melawan UEA, Thailand, Vietnam, serta Malaysia yang sudah bertemu dua kali.Lanjutan kualifikasi ini berpotensi menjadi debut Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia. Pasalnya, sejak Desember 2019 Shin Tae-yong direkrut PSSI untuk menangani Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan ini belum pernah memimpin timnas Indonesia berlaga di even internasional resmi.Meski Shin Tae-yong dan asisten pelatih asal Korea Selatan sudah menangani Timnas U-19, Timnas U-23 dan Timnas Senior, namun mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia tersebut hanya memimpin para pemain dalam pemusatan latihan dan ujicoba.Hal ini terjadi karena Jadwal Timnas U-19 di Piala Asia U-19 yang rencananya digelar di Uzbekhistan 14 Oktober tahun lalu, diundur ke tahun 2021. Demikian pula rencana Timnas U-20 tampil di putaran final Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2021 juga dibatalkan oleh FIFA.Sebagai gantinya FIFA tetap menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023. Dengan demikian Shin Tae-yong harus menyiapkan kembali skuat untuk Timnas U-19 dan Timnas U-20, dengan memilih para pemain yang lebih muda.[caption id="attachment_446381" align="alignnone" width="900"] Shinn Tae-yong harus menyiapkan skuat Timnas Senior untuk 3 laga tersisa babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Shinn Tae-yong harus menyiapkan skuat Timnas Senior untuk 3 laga tersisa babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Juni mendatang.(Foto : PSSI)[/caption]Sementara itu Timnas Indonesia Senior akan mengawali lanjutan kualifikasi ini dengan bertemu Thailand pada 3 Juni 2021, dilanjutkan dengan bertemu Vietnam pada 7 Juni 2021, dan Timnas Indonesia terakhir akan menghadapi tuan rumah UEA sebagai lawan terakhir dalam laga yang akan dilaksanakan pada 11 Juni 2021.Jadwal di atas merupakan ketetapan AFC yang mereka umumkan pada Februari lalu. Pengubahan jadwal sudah berulang kali terjadi karena menyesuaikan kondisi dunia yang belum stabil akibat pandemi virus Covid-19.Mimpi Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2022 boleh dibilang sudah pupus, namun masih ada kesempatan untuk mengintip sedikit peluang demi tampil di Piala Asia 2023. Panggung Asia sudah lama tak dirasakan oleh timnas senior, sejak terakhir kali pada 2007 karena status tuan rumah.