kebakaran lahan di aceh barat meluas warga keluhkan susah bernafas

kabut asap nagan Raya-1
kabut asap nagan Raya-1 (Foto : )

Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya diselimuti asap tebal dari kebakaran hutan. Selain mengganggu pandangan para pengguna jalan,warga juga mengeluh susah bernafas karena kabut asap yang tebal. Kebakaran puluhan hektar lahan gambut ini sudah berlangsung satu pekan terakhir dan hingga kini terus meluas.

Ratusan petugas gabungan telah diterjunkan ke lokasi,namun hingga saat ini belum berhasil memadamkan api. Bahkan sejumlah titik api kini mulai mendekati permukiman warga dan mengancam pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sebagai pemasok listrik Aceh-Sumut. Jika tak segera berhasil di dijinakkan,warga khawatir akan terjadi pemadaman listrik Aceh dan Sumut.

Salah satu warga, Rusli, mengatakan,akibat kebakaran lahan yang hampir mencapai 50 hektar di belakang PLTU, kini mulai berdampak pada kesehatan warga. Warga kini mengaku sulit untuk bernafas.

Sselain itu jarak pandang juga mulai terganggu,sehingga sangat berbahaya bagi pengguna jalan. Warga berharap,petugas segera bisa memadamkan kebakaran lahan gambut tersebut,sehingga tidak berdampak semakin luas. Chaidir Azhar, Firmansyah| Kabupaten Nagan Raya, Aceh