PSSI Gelar Turnamen Pramusim 2021 Bertitel Piala Menpora 2021

Ketum PSSI Muhammad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali
Ketum PSSI Muhammad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (Foto : )
PSSI gelar Turnamen Pramusim 2021 bertitel Piala Menpora 2021. Setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan Surat Ijin Keramaian kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Mabes Polri Jakarta, Kamis (18/2/21).
PSSI bekerja sama dengan Kemenpora siap menggelar turnamen Pra Musim sebagai persiapan dan ujicoba penerapan protocol kesehatan dalam penyelenggaraan Kompetisi Liga Indonesia musim 2021. Turnamen Pra Musim bertitel Piala Menpora dimaksudkan untuk mempererat kerjasama antara PSSI dan Kemenpora dalam pelaksanaan kompetisi sepakbola di Indonesia sesuai ptotokol kesehatan Covid-19.Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan turnamen pramusim 2021 bernama Piala Menpora 2021. Hal ini ia ungkapkan saat melakukan pertemuan virtual bersama Menpora Zainudin Amali, dengan perwakilan klub Liga 1 dan 2 serta suporter di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (18/2/2021).Piala Menpora ini akan bergulir pada 20 Maret hingga 25 April 2021. Turnamen Piala Menpora 2021 akan diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 18 klub Liga 1 dan 2 klub Liga 2. Turnamen Piala Menpora 2021 akan digelar di empat kota yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Solo, Bandung, Malang dan Sleman. Dengan alternatif empat kota tuan rumah lainnya yakni Solo, Bandung, Malang dan Palembang."Kenapa kami sebut Piala Menpora 2021? Pertama, karena dalam kompetisi ini, Kemenpora dapat melakukan pengawasan terhadap hal-hal teknis terutama penerapan protokol kesehatan," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.Iriawan menjelaskan dengan adanya Menpora dalam tajuk utama turnamen, PSSI dan PT LIB berharap kerja sama dengan pemerintah terkait pelaksanaan kompetisi sepak bola profesional pada masa pandemi COVID-19 semakin erat.“Penamaan Piala Menpora 2021 juga ada upaya besar pak Menpora Zainudin Amali yang ikut membantu PSSI serta LIB dalam mendapatkan izin dari Polri. Beliau sampai memberikan garansi personal agar izin dapat keluar. Terima kasih banyak, Pak Menpora," tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.[caption id="attachment_438998" align="alignnone" width="900"]
PSSI gelar Turnamen Pramusim 2021 Bertitel Piala Menpora 2021 Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan Surat Ijin Keramaian kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Mabes Polri Jakarta, Kamis (18/2/21). (Foto : PSSI)[/caption]Pemilihan empat kota tuan rumah penyisihan karena ada rekomendasi Polri yang menilai dari jumlah penderita COVID-19."Apabila turnamen ini berjalan dengan baik, maka Liga 1 dan 2, Insya Allah dapat diizinkan oleh Polri. Untuk itu kami harap semua pihak dapat bekerja sama agar turnamen ini berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan. Kami juga meminta suporter untuk tidak datang ke stadion karena seluruh laga akan berjalan tanpa penonton dan suporter tidak menggelar nonton bareng (nobar) demi menghindari kerumunan,” tukas Iriawan.Suksesnya penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021 menjadi kunci utama diijinkannya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 digelar. Sebaliknya jika turnamen Piala Menpora 2021 dinilai gagal dalam penerapan protocol kesehatan Covid-19, maka Surat Ijin Keramaian yang sudah diberikan POLRI kepada PSSI lewat Menpora Zainudin Amali tidak berlaku.