Wamenkes Dante: Disuntik Vaksin COVID-19, Tak Ada Rasa Sakit dan Pegal

Wamenkes Dante: Disuntik Vaksin COVID-19, Tak Ada Rasa Sakit dan Pegal
Wamenkes Dante: Disuntik Vaksin COVID-19, Tak Ada Rasa Sakit dan Pegal (Foto : )
Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo menggelar vaksinasi pertama bagi tenaga kesehatan pada hari ini. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono ikut dalam vaksinasi tersebut.
Hari ini vaksinasi COVID-19 dilakukan secara serentak dan bertahap bagi 1,4 juta tenaga kesehatan di 34 provinsi di Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 juga diikuti oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono di Poliklinik Madya Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo, Kamis (14/1/2021.Dante mengatakan, proses vaksinasi ini dilakukan untuk membentuk kekebalan pada tenaga medis yang menjadi garda terdepan. Usai disuntik, Wamenkes Dante mengungkapkan gejala yang dirasakannya. Seperti apa tanggapan Wamenkes usai divaksin?"Saya rasanya biasa-biasa saja, tidak ada rasa sakit, rasa pegal, ketakutan tidak ada, kita tetap observasi untuk menjaga efek samping setelah vaksinasi (KIPI),” kata Dante, Kamis (14/1/2021), dilansir dari viva.co.id.Dalam proses vaksinasi, ada 4 tahapan yang harus dilalui oleh Wamenkes, mulai dari tahap registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin, hingga observasi. Di tahap pasca penyuntikan, observasi dilakukan selama 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping pasca penyuntikan.Di kesempatan yang sama, Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti mengatakan bahwa pada
kick off pertama vaksinasi diberikan kepada 25 tenaga kesehatan. Selanjutnya, akan dilakukan secara bertahap bagi seluruh tenaga kesehatan maupun tenaga penunjang kesehatan di RSCM.“Namun, untuk 6.000 lainnya, akan diselesaikan dengan setiap hari melakukan penyuntikan terhadap 275 tenaga kesehatan secara bertahap,” kata Lies.