Indonesia Bakal Terima Data Uji Klinis Vaksin Sinovac dari Brasil Hari Ini

vaksin sinovac covid-19 abc
vaksin sinovac covid-19 abc (Foto : )
Pemerintah Indonesia telah meminta data uji klinis vaksin Sinovac dari Brasil. Direncanakan, data itu akan diterima pada hari ini. 
Brasil telah menggelar uji klinis vaksin buatan Sinovac Biotech, China, yang bernama CoronaVac. Sebelumnya, ilmuwan Brasil menyebut, tingkat efektifitas vaksin Sinovac di atas 50 persen.Menurut sumber The Strait Times, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah meminta data uji klinis ke Brasil lewat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.Selanjutnya, Kemlu RI berkomunikasi dengan Badan Pengawas Kesehatan Nasional Brasil dan Sinovac."Dalam beberapa hari setelah menerima data, BPOM dapat mengeluarkan izin penggunaan darurat pada vaksin tersebut, ketika evaluasi menyeluruh dilakukan," kata sumber itu kepada The Straits Times.Brasil sendiri lebih awal menggelar uji klinis vaksin Sinovac dibanding Indonesia.Dalam uji klinis di Brasil, pihak penyelenggara, yaitu Institut Butantan, melibatkan 13.000 relawan.
Sementara regulator kesehatan Brasil bernama Anvisa, telah menetapkan tingkat efektifitas vaksin setidaknya di angka 50 persen.
"Tujuan kami adalah (efektifitas) lebih dari 50 persen. Jika hasilnya 51 persen, *(data) itu akan menjadi penting bagi kami, terutama karena kita hidup dalam krisis kesehatan," kata Sekretaris Kesehatan Sao Paulo, Jean Gorinchteyn.Sementara Turki yang juga melakukan uji klinis vaksin Sinovac, telah merilis hasilnya dengan efektifitas mencapai 91,25 persen.The Strait Times, Global Times, Reuters

Berita terkait: