Diminta Pakai Masker, Pembeli Ini Malah Ludahi Wajah Petugas SPBU

Diminta Pakai Masker, Pembeli Ini Malah Ludahi Wajah Petugas SPBU
Diminta Pakai Masker, Pembeli Ini Malah Ludahi Wajah Petugas SPBU (Foto : )
Bermaksud baik mengingatkan untuk memakai masker di tengah pandemi covid-19, petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) di Semarang, Jawa Tengah, malah diludahi wajahnya oleh calon pembelinya.
Petugas SPBU Unika di Jalan Pawiyatan Luhur, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang, yang berupaya keras membantu memutus rantai penyebaran covid-19, harus berhadapan dengan berbagai macam sikap calon pembeli yang arogan bahkan bebal.Memang SPBU ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama masa pandemi covid-19. Semua petugas dan pembeli harus memakai masker demi keamanan bersama.Dalam rekaman kamera pengawas CCTV terlihat seorang pria berkendara sepeda motor, tanpa helm dan tanpa masker, masuk ke area SPBU.Setelah antre, lalu giliran dia untuk mengisi BBM. Karena ia tidak memakai masker, petugas pun mengingatkan supaya pembeli tersebut memakai masker, sesuai peraturan protokol kesehatan di SPBU tempatnya bekerja.Padahal di SPBU ini sudah terpampang jelas tulisan yang menyatakan bahwa mereka yang tidak memakai masker tidak akan dilayani pembeliannya. Petugas pun secara sopan dan baik-baik juga sudah menjelaskan.
Bukannya menerima nasihat, pria calon pembeli malah terlihat marah-marah, bahkan ia meludahi petugas tepat di wajahnya. Petugas sempat menyeka ludah dari wajahnya dan nampak ada perdebatan. Lalu pria itu pergi tanpa bisa mengisi BBM. Manajer SPBU Unika, Hari Murti mengatakan peristiwa itu terjadi pada kemarin, Jumat (25/12/2020). Ia menjelaskan, memang kebijakan SPBU di tempatnya, ketat menerapkan protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan bersama di masa pandemi covid-19."Ya ini sesuai aturan protokol kesehatan dan instruksi Wali Kota juga supaya seluruh lapisan masyarakat ikut berperan memutus mata rantai covid-19. Dan sikap para konsumen pun macam-macam, yang sadar ya menerima, yang nggak sadar ya ada yang ngomel-ngomel, dan yang paling keras itu kemarin, sampai meludahi petugas kami, ya kami laporkan ke pihak berwajib,” jelas Hari di lokasi, Sabtu (26/12/2020).Ia menambahkan, petugas SPBU sudah menyarankan pembeli memakai masker. Selain itu petugas juga memberi solusi agar memarkirkan kendaraan di luar antrean, nanti petugas akan membawa motor untuk diisi BBM dan pembeli yang tak memakai masker tunggu di tempat yang agak jauh."Ada beberapa solusi, tapi ya namanya orang, ada yang nurut, ada yang ngeyel," lanjutnya.Saat ini, tambah Hari, kasusnya sudah ditangani pihak kepolisian. "Kemarin petugas polisi sudah cek lokasi dan sedang mencari orangnya," tandasnya. Teguh Joko Sutrisno | Semarang, Jawa Tengah