Detik-Detik Menteri Sosial Juliari P Batubara Tiba di KPK, Menyerahkan Diri Atau Ditangkap?

Detik-Detik Menteri Sosial Juliari P Batubara Tiba di KPK, Menyerahkan Diri Atau Ditangkap? (Foto Istimewa via RMol)
Detik-Detik Menteri Sosial Juliari P Batubara Tiba di KPK, Menyerahkan Diri Atau Ditangkap? (Foto Istimewa via RMol) (Foto : )
Menteri Sosial Juliari P Batubara datangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyerahkan diri, Minggu (6/12) dini hari.
Dengan berjaket hoodie hitam plus topi dan masker hitam, serta kacamata, menteri asal PDIP itu tiba di gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pukul 02.50 WIB.Detik-detik kedatangan Juliari yang tiba-tiba, mengejutkan wartawan yang tengah ngobrol dengan Deputi Penindakan KPK Karyoto di pelataran gedung komisi pimpinan Firli Bahuri cs itu. Rupanya, Karyoto tengah menunggu kedatangan Juliari.Juliari tampak santai. Begitu tenang dia melangkah memasuki lobi gedung KPK, dengan kawalan beberapa petugas KPK dan personel kepolisian. Semua pertanyaan wartawan, tak ada yang dijawabnya.Menaiki tangga ke lantai 2, tempat pemeriksaan, dia sempat melambaikan tangan kirinya. Tampak jam tangan tersembul dari balik pergelangan tangannya.Seperti dikutip dari RMol, KPK belum mengeluarkan pernyataan, apakah Juliari menyerahkan diri atau ditangkap.Juliari ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek. Juliari, disangkakan KPK menerima uang total Rp 17 miliar, yang berasal dari fee rekanan proyek bansos. Pada pelaksanaan paket Bansos sembako periode pertama, Juliari menerima Rp 8,2 miliar.Sementara untuk periode kedua pelaksanaan paket Bansos sembako, terkumpul uang fee dari bulan Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020 sejumlah sekitar Rp 8,8 miliar."Uang itu juga diduga akan dipergunakan untuk keperluan JPB," ungkap Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di lantai 3 Gedung Penunjang KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (6/12) dini hari, pukul 01.00 WIB.