Menteri PUPR: Tahun 2021, Ada 4 Proyek Prioritas untuk Buka Lapangan Kerja

Menteri PUPR: Tahun 2021, Ada 4 Proyek Prioritas untuk Buka Lapangan Kerja
Menteri PUPR: Tahun 2021, Ada 4 Proyek Prioritas untuk Buka Lapangan Kerja (Foto : )
Pemerintah menyebut ada 4 proyek prioritas infrastruktur yang akan dikerjakan pada tahun 2021. Proyek ini dapat membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan terdapat empat proyek prioritas atau major projects pembangunan infrastruktur 2021 untuk membuka lapangan pekerjaan."Terdapat empat major projects Kementerian PUPR yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Pertama, pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan NTT,” ujar Basuki Hadimuljono, Sabtu (5/12/2020), seperti dilansir dari Antara.“Kedua, dukungan pengembangan Kawasan Industri. Ketiga, dukungan pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Keempat, program Padat Karya Tunai (PKT) di seluruh Indonesia dan pembangunan prasarana dasar," tambahnya.Basuki melanjutkan, selain itu, penyelesaian tugas khusus yang diberikan seperti renovasi dan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan, olahraga dan pasar.“Kita akan manfaatkan lahan 165.000 hektare di kawasan eks-Pengembangan Lahan Gambut (PLG) Kalteng (Kalimantan Tengah) untuk tanaman pangan seperti padi dan singkong. Dari 165.000 hektare tersebut, kondisi irigasi yang baik 28.000 hektare dengan diintensifikasi. Sisanya di Dadahup sedang kita perbaiki irigasinya dan dibuka lahannya karena sudah ditumbuhi pohon,” katanya.
Sementara di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, lahan Food Estate seluas 60.000 ha dimanfaatkan untuk tanaman hortikultura seperti bawang merah dan bawang putih.Irigasi menggunakan big gun sprinkler