Belgia vs Inggris 2-0 Three Lions Tersingkir dari UEFA Nations League

Belgia vs Inggris 2-0 Celebrasi The Red Devils
Belgia vs Inggris 2-0 Celebrasi The Red Devils (Foto : )
Belgia vs Inggris 2-0 Three Lions tersingkir dari UEFA Nations League. Inggris menjadi negara kuat eropa pertama yang tersisih dari UEFA Nations League setelah kalah 0-2 dari Belgia.
Belgia menjamu Inggris di lanjutan UEFA Nations League pada matchday kelima Grup A2, Senin 16 November 2020 dini hari Wib. Dalam pertandingan yang diselenggarakan di King Power Stadion di Den Dreef, Belgia tersebut Inggris menyerah 2 gol tanpa balas.Inggris negara penemu sepak bola dan salah satu tim kuat di Eropa, menjadi tim unggulan yang tersisih dari ajang UEFA Nations League  2020/2021. Pasalnya kekalahan ini membuat skuat asuhan Gareth Southgate dipastikan tersisih dari perebutan tiket ke babak selanjutnya.Inggris setelah kalah 2-0 di Belgia hanya memperoleh poin (7) dan sudah tidak mungkin bagi Three Lions mengejar Denmark (10) dan Belgia (12).Manajer Tim Inggris Gareth Southgate sekali lagi membuat keputusan aneh saat menghadapi tuan rumah Belgia di laga penting babak penyisihan Grup A2 matchday ke 5 UEFA Nations League. Sebagai tim tamu, Southgate justru menurunkan tujuh pemain bertahan sekaligus pada pertandingan Belgia vs Inggris yang berlangsung di Den Dreef Stadium di Leuven, Belgia.Southgate hanya menyisakan dua pemain gelandang serang Jack Grealish dan Mount untuk mendukung striker tunggal dengan filosofi menyerang Harry Kane. Rencana Southgate bermain bertahan dengan pola 3-4-2-1 dengan menumpuk pemain bertahan terbukti merupakan keputusan yang salah. Gawang Inggris sudah kebobolan 2 gol dari serangan Belgia dan tertinggal 2-0 saat pertandingan belum lagi memasuki menit 25.Kedua gol De Rode Duivels ke gawang Inggris yang dikawal kiper Jordan Pickford dicetak pada menit 10 oleh Youri Tielemans dan selang 14 menit kemudian menyusul gol kedua tuan rumah yang disumbangkan oleh Dries Mertens. Kedua gol hasil serangan skuat asuhan Roberto Martinez Montoliu merupakan gol hebat dan menakjubkan.Gol yang pertama didahului kerjasama tim dan serangan balik cepat memanfaatkan kesalahan Kieran Tripper. Umpan Tripper terlalu lemah dan berhasil dicegat oleh Toby Alderweireld, kemudian diteruskan secara cepat ke Romelu Lukaku dan sang pemain Inter menyodorkannya pada Tielemans.Gelandang Leicester City itu kemudian melepaskan tendangan mendatar ke sudut kiri gawang Jordan Pickford. Si kulit bundar menghantam sisi dalam tiang gawang Inggris dengan kerasnya sebelum menerpa jala gawang dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk The Red Devils.Gol kedua datang dari tendangan bebas pemain Napoli Dries Mertens. Jika tadi gol pertama datang dari serangan mendatar ke sisi kiri bawah gawang Pickford, maka gol kedua melambung dan menusuk sisi kanan atas gawang kiper Everton tersebut.[caption id="attachment_401777" align="alignnone" width="900"]
Belgia vs Inggris 2-0 Kedua gol De Rode Duivels ke gawang Inggris yang dikawal kiper Jordan Pickford dicetak pada menit 10 oleh Youri Tielemans dan selang 14 menit kemudian menyusul gol kedua tuan rumah yang disumbangkan oleh Dries Mertens. (Foto : Belgian Red Devils)[/caption]Kali ini merupakan kesalahan dari sang kiper timnas Inggris karena berdiri terlalu ke kiri dari gawangnya, dan membiarkan sekitar dua pertiga wilayah gawang terbuka lebar. Melihat gawang yang terbuka, Dries Mertens dengan jeli mengarahkan bola untuk menjebol gawang The Three Lions. Skor 2-0!Hebatnya pasukan Roberto Martinez mencetak dua gol pada babak pertama dari dua tembakan on target yang diperoleh tim. Padahal jika dibandingkan dengan jumlah tembakan The Three Lions yang mendapat peluang untuk melepaskan tujuh serangan selama 45 menit pertama.Dari 7 peluang Inggris, lima melebar dari gawang Thibaut Courtois dan dua tepat sasaran tapi berhasil diamankan sang kiper Real Madrid tersebut. Di babak kedua jumlah shots on target dari Kevin De Bruyne dan kawan-kawan hanya bertambah satu sehingga total peluang on target Belgia menjadi tiga.Pada masa lalu timnas Inggris pernah tertinggal dua gol dan kemudian bangkit untuk menyamakan skor 2-2. Itu terjadi pada bulan Agustus 2009 dalam laga persahabatan melawan Belanda. Hal yang sama gagal terjadi pada pertandingan yang digelar di Leuven Senin dini hari tadi.Dengan hasil kekalahan 0-2 di kandang Belgia ini maka Three Lions hanya mengoleksi 7 poin saja dari lima pertandingan, dengan dua kemenangan, satu imbang dan dua kali kekalahan. Sementara kemenangan atas Inggris membuat Belgia memimpin klasemen sementara Grup A2 UEFA Nations League dengan 12 poin diikuti Denmark 10 poin.Les Diables Rouges akan menghadapi tantangan dari Denmark untuk laga terakhir Grup A2 pada 19 November 2020. Sementara Inggris menjamu Islandia yang berada diposisi juru kunci Grup A2. Negara yang disebut terakhir ini sudah dipastikan degradasi ke Divisi B usai mengoleksi nihil poin, dua gol memasukkan serta 10 gol kemasukan.