Pasien Covid Tanpa Gejala Diyakini Bisa Sembuh, Asal Ikuti Aturan Ini

fahimxyz
fahimxyz (Foto : )
Pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) bisa disembuhkan dengan cara penanganan yang tepat dan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
Orang Tanpa Gejala (OTG) adalah orang yang kemungkinan terinfeksi virus Covid-19 karena memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19, tetapi tidak menunjukkan gejala. Meskipun tidak menunjukkan gejala, OTG dapat menularkan Covid-19 ke orang lain.Karena itu penting untuk selalu melakukan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dengan tepat, dan mencuci tangan untuk mencegah penularan.Para ahli menyarankan, pasien berstatus OTG ini wajib melakukan isolasi mandiri yakni, tinggal di rumah, jangan berpergian, tidak menerima tamu, tetap menjaga jarak ketika berinteraksi dengan anggota keluarga.“Khusus pasien asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG), dapat dinyatakan selesai isolasi mandiri setelah 10 – 14 hari sejak terkonfirmasi positif. Isolasi mandiri ini harus diterapkan dengan disiplin dan tidak boleh lengah.” demikian pernyataan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Senin (28/9/2020), seperti dilansir laman
setkab.go.id. Reisa menambahkan apabila setelah menjalani perawatan di fasilitas kesehatan namun belum mencapai 14 hari, maka tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Dengan syarat tetap membatasi aktivitas dan kontak dengan orang lain.Berikut 7 tips atau cara yang bisa dilakukan oleh pasien covid tanpa gejala yang diyakini bisa sembuh:Pertama, selalu memakai masker selama menjalani isolasi serta mencuci sendiri masker kain yang dipakai dan apabila menggunakan masker sekali pakai, langsung membungkus dan membuang ke tempat sampah sehabis dipakai.Kedua, jika ada gejala sakit seperti demam, batuk dan bersin, tetap di tempat isolasi dan tidak bepergian keluar rumah atau tidak meninggalkan tempat isolasi sampai masa isolasi selesai dijalani.Ketiga, memanfaatkan fasilitas telemedis atau konsultasi daring dengan pakar kesehatan. Beritahu petugas medis tentang keluhan, gejala, serta riwayat bepergian dan apabila ada kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19.Keempat, selama di rumah atau tempat isolasi, kamar harus terpisah dari anggota keluarga lainnya, selalu menjaga jarak 1 – 2 meter, serta tidak berbagi peralatan makan, mandi, dan tempat tidur yang sama dengan anggota keluarga yang lain.  Ingat, cuci sendiri tempat makannya,Kelima, melakukan pengecekan kondisi tubuh dengan mengukur suhu, denyut nadi, dan tekanan darah. Atur jam keluar ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap paginya selama 15 – 30 menit.Keenam, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga yang rutin dan teratur, serta tenangkan pikiran dan tenangkan jiwa. Terapkan etika batuk dan bersin dan baik, yakni dengan menutup hidung dan mulut menggunakan siku lengan bagian dalam.Ketujuh, menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah serta membersihkan seluruh permukaan dengan cairan disinfektan yang tepat sesuai peruntukannya.Reisas menambahkan, Jika isolasi mandiri tidak dapat dilakukan di rumah, pemerintah menyediakan fasilitas isolasi. Hubungi dinas kesehatan atau satgas setempat, apabila merasa membutuhkan.