Timnas U-16 Asah Kekompakan dan Komunikasi di TC Wibawa Mukti

Timnas U-16 Terus Asah Kekompakan dan Komunikasi
Timnas U-16 Terus Asah Kekompakan dan Komunikasi (Foto : )
Timnas U-16 asah kekompakan dan komunikasi di TC Wibawa Mukti. Dalam pemusatan latihan Timnas U-16 periode September, Bima memanggil 7 pemain muka baru.
Tim Nasional Indonesia U-16 terus mengasah kemampuan mereka dalam pemusatan latihan (TC) yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang dari hari Minggu tanggal 20 September 2020.Seperti yang sudah diutarakan oleh pelatih, Bima Sakti Tukiman, hari pertama, mereka hanya berlatih di hotel saja untuk pemulihan kebugaran para pemainnya usai libur dua minggu dari pemusatan latihan bulan sebelumnya.Selanjutnya, di hari kedua Bima langsung tancap gas dengan terus memberikan latihan dalam bentuk pertandingan dengan melakukan internal game. Bima mulai menerapkan strategy permainan dan kerjasama tim. Mereka harus bisa berkomunikasi dengan berbagai bahasa dengan rekan setimnya dalam pertandingan."Materi hari ini hingga nanti kebanyakan akan kami isi dengan banyak melakukan permainan tim dan juga materi Filanesia sebagai dasar permainan tim," kata Bima.Dalam latihan, anak-anak asuh Bima Sakti tampak sangat bersemangat. Mereka tidak hanya bergerak tanpa bola, tapi juga berkomunikasi dengan rekannya agar bisa saling memberikan umpan satu dua sentuhan."Ya, mereka saya minta untuk tetap terus saling komunikasi. Maka dari itu, suara mereka dalam berbicara dengan rekan satu timnya harus jelas. Latihan seperti ini juga dapat mempertajam kekompakan tim," tutur Bima Sakti.Dengan komunikasi yang jelas di lapangan maka aliran bola bisa berjalan dengan lancar dan cepat. Para pemain tidak perlu membawa bola terlalu lama, sehingga tidak mudah dihadang oleh lawan."Saya berharap mereka semakin kompak dan komunikasi baik terus terjalin di luar dan di dalam lapangan," harap Bima yang menginginkan para pemainnya bisa makin kompak.[caption id="attachment_378623" align="alignnone" width="900"]
Timnas U-16 Bima fokus Internal Game Bima Sakti mulai menerapkan strategy permainan dan kerjasama tim. Mereka harus bisa berkomunikasi dengan berbagai bahasa dengan rekan setimnya dalam internal game. (Foto : PSSI)[/caption]Latihan dengan intensitas yang tinggi selalu menjadi menu makanan sehari hari Marcell Januar Putra dan kawan-kawan. Termasuk salah satu diantaranya, penjaga gawang Timnas U-16, I Made Putra Kaicen. Pemain asal klub Bali United menuturkan dirinya tidak masalah dengan latihan berat seperti itu."Saya menikmatinya, karena saya tidak sendiri, teman-teman yang lain juga melakukannya. Dalam tim ini, meski ada beberapa pemain baru, kita semua saling mendukung, persaingan sehat, namun tetap ketat. Semua disini adalah satu keluarga, dan saya akan terus berikan yang terbaik untuk tim ini," kata Putra Kaicen.Pemusatan latihan Timnas U-16 Periode bulan September dimulai dari 20 September hingga 18 Oktober 2020. Pemusatan latihan kali ini dipindahkan ke Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi setelah Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dipergunakan untuk menampung para penderita Covid-19.Sebelumnya para pemain Timnas U-16 menjalani pemusatan latihan periode bulan Juli dan bulan Agustus di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Kota, Jawa Barat.