Kegiatan Timnas Indonesia U-16 di Luar Lapangan, Hapalan Hingga Main PS

Tim Nasional Indonesia U-16
Tim Nasional Indonesia U-16 (Foto : )

Kekompakkan yang ditunjukan oleh para Punggawa Timnas Indonesia U-16 nampaknya terjalin berkat kegiatan-kegiatan unik yang kerap mereka lakukan di luar lapangan hijau. Hal tersebut diungkap oleh sang pelatih, Bima Sakti. Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai juara piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam.

Banyak cerita unik dibalik kesuksesan mereka tersebut. Bima Sakti mengungkap bahwa garuda muda kerap melakukan berbagai kegiatan diluar sepak bola. Para punggawa muda ini ternyata kerap menghafal Al-quran hingga bermain Playstation (PS). Bima Sakti sendiri memang memiliki kebijakan-kebijakan di luar sepak bola yang bertujuan untuk membentuk ikatan persaudaraan antar pemain.

Legenda Timnas Indonesia itu pun menceritakan bahwa dirinya sempat menyewa playstation untuk dimainkan oleh para pemain dan tim pelatih. Kala itu, Bima Sakti membentuk turnamen gim sepak bola yang diikuti oleh seluruh pemain dan tim pelatih.

Uniknya, Bima Sakti mengatakan bahwa sang kapten kesebelasan, Iqbal Gwijangge keluar sebagai juara. “Kemaren malah Minggu pertama malah kita main PS, kita sewa PS, bikin turnamen, Iqbal yang juara. Jago dia.

Dia di rumahnya itu kayanya ada rental PS itu, jadi waktu itu kita bikin game,” kata Bima Sakti seperti dikutip Youtube Sport 77 Official pada Jumat, 19 Agustus 2022. Tak hanya itu, Bima Sakti juga mengatakan bahwa anak asuhnya itu kerap menyetor hafalan surat untuk yang beragama muslim dan Alkitab untuk non-muslim. “Kegiatan banyak, jadi selain itu ada setor surat, baca-baca surat buat yang muslim, ada yang baca Alkitab, saya ada tuh videonya Ji Da-bin bin baca Alkitab,” tuturnya.