Video Viral Seorang Kakek Diborgol Seperti Penjahat Gara-Gara Tidak Memakai Masker

Video Viral Seorang Kakek Diborgol Seperti Penjahat Gara-Gara Tidak Memakai Masker (Foto Tangkap Layar Video Instagram)
Video Viral Seorang Kakek Diborgol Seperti Penjahat Gara-Gara Tidak Memakai Masker (Foto Tangkap Layar Video Instagram) (Foto : )
Video viral seorang kakek diborgol oleh petugas di jalan seperti pelaku tindak kejahatan. Ternyata kakek tersebut diborgol lantaran tidak memakai masker saat keluar rumah.
Kejadian tersebut diabadikan menjadi video dan kemudian menjadi viral setelah diunggah di media sosial.Awalnya video itu diunggahan oleh salah satu akun facebook, pada Sabtu (19/9/2020). Namun kemudian banyak diunggah kembali di instagram.Salah satunya yang mengunggah video yang memperlihatkan sejumlah petugas yang sedang menggelar Operasi Yustisi itu adalah @bogor_update.Bedasarkan keterangan video tersebut, lokasi operasi itu berada di kawasan jalur puncak Bogor, Jawa Barat“Pak.. pakk ada borgol lagi ga?” tanya seorang petugas kepada rekannya, ketika melihat seorang kakek yang berjalan menuju meja ‘Pelanggar PSBB’.Ketika kakek tersebut berjalan, langkahnya dicegat oleh seorang petugas. Tangan si kakek tadi ditarik dan langsung memasangkan borgol di kedua pergelangan tangannya.“Angkat tangannya gini pak. Bapak ga pakai masker ya, jadi ini biar jera ya,” ujar petugas itu.Terlihat ketika petugas memasangkan borgol di tangan si kakek. Petugas tersebut tidak mengenakan sarung tangan dan menjaga jarak satu sama lain.Bahkan, petugas yang berada di pos tersebut pun berkerumunan, dan mengabaikan menjaga jarak sosial untuk pencegah pembentukan klaster baru.Setelah memasangkan borgol di tangan si kakek, petugas tersebut meminta pria baju putih itu menuju ke meja ‘hijau’ pelanggar PSBB.Dengan tangan terborgol, kakek tersebut berjalan menuju meja yang telah ditunjuk oleh petugas itu untuk dilakukan pendataan.“Kenapa pak tangannya diborgol seperti ini?” tanya seorang petugas.“Saya ga pakai masker pak, mau balik ke rumah,“ ujar kakek tersebut.Kemudian, petugas mencatat nama kakek tersebut dan memberi peringatan untuk terus menerapkan protokol kesehatan.Setelah pencatatan data si kakek selesai, kemudian petugas memasangkan masker kain di wajah kakek tersebut. Barulah borgol yang terpasangan di kedua pergelangan tangan kakek tersebut dilepas.Terlihat dalam video tersebut, petugas yang tergabung dalam Operasi Yustisi tidak menerapkan salah satu protokol kesehatan, yakni menjaga jarak.“Tak pakai masker, pengendara jalur puncak Bogor diborgol biar kapok,” tulis keterangan video tersebut.https://www.instagram.com/p/CFUfLxNlyZx/