Rancangan Pesawat Supersonik Virgin Galactic, Mampu Terbang 3 Kali Kecepatan Suara

pesawat supersonik virgin galactic
pesawat supersonik virgin galactic (Foto : )
Virgin Galactic memamerkan rancangan pesawat supersonik yang diklaim mampu terbang hingga mencapai 3 kali kecepatan suara. 
Di tengah upayanya mengirim turis ke ruang angkasa, Virgin Galactic juga memamerkan rancangan pesawat jet supersonik.Virgin Galactic mengklaim pesawat supersoniknya mampu membawa 9-19 penumpang  dan terbang jelajah di atas 60 ribu kaki. Bandingkan dengan pesawat jet komersial yang terbang di ketinggian rata-rata 35 ribu kaki.Dengan menggunakan sayap delta mirip pesawat supersonik Concorde, pesawat ini juga diklaim mampu terbang hingga Mach 3 atau tiga kali kecepatan suara.Agar mendapat mesin yang andal, Virgin Galactic telah mengumumkan kerja sama dengan Rolls-Royce untuk merancang dan mengembangkan teknologi propulsi mesin kecepatan tinggi masa depan.Selama ini Rolls-Royce dikenal sebagai salah satu produsen mesin jet pesawat terbang. Selain itu perusahaan asal Inggris itu juga ikut merancang mesin Concorde yang dapat terbang hingga kecepatan Mach 2.Selain dengan Rolls-Royce, Virgin Galactic juga menggandeng Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA) untuk berbagi pengalaman dan sumber daya.

Kursi Kelas Satu dan Bisnis

Virgin Galactic membayangkan pesawat supersonik mereka dapat melayani rute-rute jarak jauh komersial. Karena itu interior kabin akan mengakomodasi rancangan kursi kelas satu dan bisnis.Belum disebutkan, kapan pesawat supersonik ini akan diluncurkan. Namun, pihak Virgin Galactic menyebut sudah siap untuk fase berikutnya."Kami telah membuat kemajuan besar sejauh ini, dan kami berharap dapat membuka batasan baru dalam perjalanan kecepatan tinggi," kata George Whitesides, Kepala Ruang Angkasa Virgin Galactic.
Selain Virgin Galactic, ada pesawat supersonik lain yang sedang dibuat oleh Boom Supersonic, sebuah perusahaan yang bermarkas di Denver, Amerika Serikat.
Pesawat supersonik yang diberi nama Boom Overture akan uji terbang pada 2021. Disebutkan, pesawat itu dirancang untuk mengangkut 55-75 penumpang.