Misteri Relief Pembuatan Keris dan Mitos Uji Kesetiaan di Candi Sukuh

Misteri Relief Pembuatan Bilah Keris di Candi Sukuh
Misteri Relief Pembuatan Bilah Keris di Candi Sukuh (Foto : )
Keris bukanlah senjata tajam. Keris pula, bukan senjata untuk bertempur jarak dekat. Keris adalah simbol mahakarya yang di dalamnya terkandung mahadata yang berdayaguna bagi pemiliknya. Pada relief Candi Sukuh (diperkirakan dibuat abad ke-15) tergambar bagaimana Empu membuat keris. Sssttt ... di sini juga dipercaya mampu menguji kesetiaan pasangan loh ... 
Ada yang menarik pada relief di Candi Sukuh. Tergambar di sini bagaimana proses pembuatan keris.Di balik ini ada makna simbolis-filosofis yang dapat dipelajari dibalik penciptaan keris.
Keris bukanlah senjata tajam. Keris pula, bukan senjata untuk bertempur jarak dekat. Keris adalah simbol mahakarya yang di dalamnya terkandung mahadata yang berdayaguna bagi pemiliknya.
[caption id="attachment_354053" align="alignnone" width="900"] Misteri Relief Pembuatan Bilah Keris di Candi Sukuh Foto: Instagram @paiketan_tosanaji_bali[/caption]Memaknai simbol relief pembuatan keris Candi Sukuh menurut IG @peksidewata7 yang diunggah @paiketan_tosanaji_bali adalah:Posisi Sang Empu Pande dan Dewa Ganeça yang berada pada cerukan di lantai, bermakna:Keduanya memposisikan diri mereka sebagai "Lingga Çiwa".

Dewa Çiwa adalah manifestasi dari daya kekuasaanNya dalam melebur. Dewa Çiwa juga merupakan "Api" itu sendiri. Dalam prakteknya untuk mendapatkan bahan ada proses melebur bahan logam dan mewasuh/menempa.