FIA Formula 2 GP Hungaria, Sean Gelael Kehilangan Poin

20072020 sean hungaria2
20072020 sean hungaria2 (Foto : )
Dari ajang FIA Formula 2 GP Hungaira, Pebalap Indonesia Sean Gelael belum berhasil mencetak poin pada lomba Sabtu dan Minggu.
Pebalap Indonesia Sean Gelael menjalani balapan Formula 2 yang sulit di sirkuit Hungaroring, Hungaria. Dari dua race Sabtu (feature race) dan Minggu, (spint race) Sean yang tergabung di tim DAMS belum berhasil meraih poin.Pada balapan Sprint Race, Minggu 19 Juli 2020, Sean yang memulai balapan dari posisi 17 berhasil naik sampai peringkat 12.Pada race ini, mayoritas pebalap memakai strategi alternatif, termasuk Sean Gelael. Sadar bahwa aspal di Sirkuit Hungaroring sangat memakan ban, sebagian besar pebalap memilih untuk pakai pit stop. Ini opsi yang tak lazim untuk Sprint Race atau Race 2 di F2.Walau taktik tersebut digunakan banyak pebalap, namun pilihan bannya berbeda. Ada yang ban prime (lebih keras) dahulu baru kemudian option (lebih lunak), ada juga sebaliknya.Sean menggunakan opsi option-prime, sementara kebanyakan pebalap di sepuluh besar pakai prime-option, termasuk penempat pole position, Callum Ilott (Uni-Virtuosi).[caption id="attachment_350750" align="alignnone" width="640"]
Balapan Minggu, Sean sempat naik dari P17 ke P9. Foto : sean-gelael.com[/caption]Hanya dua pebalap yang tidak memakai taktik ini, yakni Luca Ghiotto (Hitech) dan Giuliano Alesi (HWA Racelab). Mereka memilih ban prime sejak start hingga finis.Ghiotto dengan segudang pengalamannya berasil menaklukkan perjudiannya tersebut. Walaupun di lap-lap terakhir dia dikejar oleh Ilott.Ghiotto menang, diikuti oleh Ilott dan Mick Schumacher (Prema) yang juga pakai pit stop.Sementara itu Sean sudah berusaha maksimal sejak start. Dia banyak meraih posisi, dari P17 ke P11, bahkan sempat di P9.Namun kondisi di trek yang dinamis karena ragam strategi yang dipakai membuat Sean kesulitan. Dia pun mesti puas finis di P12."Balapan yang sulit karena semua nyaris pakai strategi yang sama. Saya berharap pada seri berikut di Silverstone kembali di jalur perolehan poin," ujar Sean.[caption id="attachment_350749" align="alignnone" width="640"] Pada balapan Sabtu, Sean mengalami masalah elektronik . Foto : sean-gelael.com[/caption]Sebelumnya pada balapan Feature Race, Sabtu 18 Juli 2020, Sean menghadapi kendala elektronik pada mobilnya selepas pit stop.Sampai sebelum pit stop di lap 7, Sean melaju mulus. Namun setelah pit stop untuk mengganti ban prime (lebih keras), yakni medium, tiba-tiba kecepatannya turun drastis.Masalah elektronik kembali menghantam mobil Sean. Dia kehilangan banyak waktu karena mesin mobilnya mati di trek, lalu mesti dinyalakan lagi.Bahkan Sean mesti masuk pit lagi untuk memeriksa masalah sesungguhnya yang terjadi. Teknisi tim DAMS secara cermat meneliti masalah elektronik tersebut hingga memastikan mobil Sean bisa berlaga normal lagi.Setelah masalah beres, Sean kembali ke trek walau statusnya sudah tertinggal jauh. Dia hanya ingin memastikan benar-benar bisa membuat lap time normal kembali. Sean pun mesti puas finis di posisi 17.Setelah tiga pekan beruntun digelar, F2 akan istirahat sejenak sebelum kembali menggeliat di Silverstone, Inggris, akhir bulan Juli.