Akan Dikirim Pasien dari Luar Batam, RSKI Pulau Galang Ajukan Tambahan Nakes

rski pulau galang
rski pulau galang (Foto : )
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang sedang bersiap menerima kiriman pasien dari luar Batam. Karena itu telah diajukan tambahan tenaga kesehatan (nakes) dan fasilitas pendukungnya.
Dalam dialog virtual yang digelar BNPB, Jumat (17/7/2020), Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Irwansyah mengatakan, dengan adanya rencana pengiriman pasien dari luar Batam, maka RSKI Pulau Galang mengajukan tambahan nakes dan fasilitas pendukungnya.“Adanya rencana pengiriman pasien dari luar wilayah 
Batam , RSKI Pulau Galang sudah mengajukan tambahan 50 personil tenaga kesehatan ke kementerian Kesehatan, beserta perlengkapan pasien. Jadi pasien dari luar Pulau Galang bisa dirawat di sini juga,” kata Irwansyah.Menurutnya, hingga kini RSKI Pulau Galang sudah merawat 434 pasien. Yang sedang dirawat sebanyak 62 orang, dan sudah dipulangkan 370 orang. Sementara yang masih dalam rujukan ada dua orang."Saat ini pasien yang kita rawat merupakan mayoritas penduduk Batam dan sekitarnya, dan ada beberapa pasien warga negara asing yang berdomisili dan bekerja di wilayah Batam," katanya.Disebutkan, RSKI Pulau Galang telah mendapat bantuan berupa satu alat PCR dan 2 alat bilik swab yang telah terpasang dan uji fungsi, sehingga siap digunakan.Kebutuhan untuk relawan medis dan medis juga telah dilengkapi, seperti peralatan olahraga dan hiburan.RSKI Pulau Galang yang berdiri di atas lahan seluas 80 hektare dapat menampung 360 pasien. Rumah sakit ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti laboratorium, laundry, asrama hingga helipad.