Kaya Mendadak, Penambang Ini Dapat Batu Mulia Senilai Rp47,5 Miliar

penambang1
penambang1 (Foto : )
Seorang penambang Tanzania kaya mendadak setelah mendapat dua batu mulia tanzanite senilai Rp47,5 miliar. Tanzanite itu merupakan terbesar  yang pernah ditemukan.
Dua batu tanzanite berwarna ungu gelap ditemukan penambang bernama Saniniu Laizer di sebuah tambang di bagian Utara Tanzania baru-baru ini.Pemerintah pun membayar dua batu yang ditemukan senilai 3,35 juta dollar AS atau setara Rp47,5 miliar. Saniniu pun jadi kaya mendadak.Saat ditanya, uangnya digunakan untuk apa saja, Saniniu rupanya sudah punya sejumlah rencana."Saya ingin membangun pusat perbelanjaan dan sekolah. Saya ingin membangun sekolah dekat rumah saya. Di sana banyak orang miskin yang tidak dapat menyekolahkan anak mereka ke sekolah."Menurut Juru Bicara Kementerian Pertambangan Tanzania, batu tanzanite yang ditemukan masing-masing seberat 9,27 kilogram dan 5,1 kilogram.[caption id="attachment_340805" align="alignnone" width="900"]
Dua batu tanzanite terbesar yang pernah ditemukan (Foto: Kementerian Mineral Tanzania)[/caption]Tanzanite adalah batu mulia langka yang hanya ditemukan di bagian Utara negara ini."Acara hari ini adalah untuk mengenalkan dua batu tanzanite terbesar dalam sejarah sejak dimulainya penambangan di Mirerani," kata pejabat Kementerian Pertambangan Tanzania, Simon Msanjila sambil menyerahkan cek kepada Saniniu.
"Ini adalah sebuah konfirmasi bahwa Tanzania kaya," kata Magufuli kepada Menteri Mineral Doto Biteko.