Marak, Seruan Boikot Produk China di India, Aplikasi China Juga Diwaspadai

demo anti china
demo anti china (Foto : )
Pasca bentrok di perbatasan, kian marak seruan boikot produk China di India. Bahkan sejumlah aplikasi buatan China juga diwaspadai intelejen India. 
Seruan boikot produk China belakangan ini kian marak di India. Bahkan pemerintah India telah berjanji untuk memblokir investasi dan menaikkan tarif impor produk China.Kenaikan tarif impor berlaku untuk sekira 300 produk dari China. Saat ini neraca perdagangan India masih defisit dengan China.Sementara Kementerian Telekomunikasi India telah memerintahkan perusahaan telekomunikasi untuk membatalkan segala kesepakatan dengan China.Perusahaan-perusahaan China juga dilarang berpartisipasi dalam tender-tender proyek, yang kemungkinan termasuk rencana peningkatan atau
upgrade jaringan 4G di India.

Seruan Boikot Dimulai Mei 

Sebenarnya seruan boikot produk dan investasi China sudah mulai terjadi di India sejak awal Mei lalu. Ketika itu tentara China mulai membangun fasilitas di Ladakh, wilayah perbatasan yang masih jadi sengketa kedua negara.Bahkan sebuah aplikasi buatan India yang membantu penggunanya mengidentifikasi aplikasi buatan China di ponsel telah diunduh lebhi dari 5 juta kali pada Mei lalu, sebelum akhirnya diblokir oleh Google.Seruan boikot produk China akhirnya kian memuncak setelah terjadi bentrok fisik tentara India dengan China hingga merenggut banyak korban jiwa di Lembah Galwan pada Senin (15/6/2020).