Shin Tae-yong Ingin Boyong Timnas Indonesia ke Korea Selatan

Shin Tae Yong latihan Timnas Indonesia Februari 2020 di Std Madya
Shin Tae Yong latihan Timnas Indonesia Februari 2020 di Std Madya (Foto : )
Shin Tae-yong ingin boyong Pelatnas Timnas Indonesia ke Korea Selatan. Shin Tae-yong dan kolega bertanggung jawab untuk menyiapkan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar, Piala Asia U-19 Uzbekhistan dan Piala Dunia U-20 2021.
Rencana pelatnas Tim Nasional Indonesia hingga kini belum bisa dilaksanakan karena wabah Pandemi virus Corona masih berlangsung di Indonesia. Akibatnya Manajer Pelatih Timnas Indonesia melaksanakan TC untuk Timnas Indonesia dari jarak jauh. Latihan digelar secara online seperti yang dilakukan untuk TC Timnas U-19.Terakhir Shin Tae-yong dan jajaran pelatih Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan untuk pesepak bola Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, medio Februari 2020. Saat itu mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia ini memberikan materi latihan untuk kekuatan fisik para pemain Timnas Indonesia.Kini Shin Tae-yong sebagai Manajer pelatih tim nasional Indonesia mendapatkan tuntutan dari PSSI untuk melatih kembali para pemain Timnas Indonesia yang disiapkan untuk menghadapi pertandingan sisa babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar, serta menyiapkan Timnas U-19 untuk menghadapi putaran Final Piala Asia di Uzbekhistan 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.Dalam situasi seperti sekarang ini Shin Tae-Yong tampaknya lebih suka memberikan latihan langsung kepada skuat Garuda untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Shin Tae-yong mengatakan dirinya sudah mengusulkan kepada PSSI agar melaksanakan TC di Negeri Ginseng.Sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh pelatih yang sukses menyingkirkan Timnas Jerman di babak penyisihan Grup F Piala Dunia Rusia 2018 tersebut TC Timnas Indonesia akan berlangsung selama satu bulan. Pemilihan Korea Selatan karena dinilai lebih aman dari Pandemi virus Corona."Saya sudah memberikan peta jalan (road map) kepada federasi sepak bola Indonesia (PSSI). Saya berharap dapat membawa para pemain ke Korea karena situasi di sini aman," ujar juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.Saat ini Shin Tae-yong dan jajaran asisten pelatihnya tengah berada di Korea Selatan setelah pulang ke negaranya karena tidak bisa memberikan latihan kepada Timnas Indonesia akibat Pandemi virus Corona. Semua pemain Timnas Indonesia dipulangkan ke rumah masing masing agar tidak tepapar virus Corona.Kini Shin Tae-yong dan kawan kawan menunggu persetujuan dari PSSI. Jika usulannya disepakati, Shin berharap para pemain dapat diberangkatkan ke Korea Selatan pada awal atau pertengahan Juli 2020.Shin Tae-Yong juga menyadari bahwa sulit untuk menentukan tanggal keberangkatan para pemain Timnas Indonesia karena situasi gawat akibat pandemi COVID-19 di Indonesia masih berlangsung."Saya mendengar jumlah pasien positif (COVID-19) bertambah. Jadi memang tidak bisa memastikan tanggalnya," tutur Shin.[caption id="attachment_337281" align="alignnone" width="900"]
Timnas Indonesia Shin Tae-yong Timnas senior masih menyisakan 3 pertandingan terakhir di putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. Timnas Indonesia melawan Thailand pada 8 Oktober 2020, menjamu Uni Emirat Arab 13 Oktober 2020 dan lawan Vietnam 12 November 2020. (Foto : PSSI)[/caption]Menurut data dari PSSI, Timnas senior Indonesia akan masih menyisakan tiga laga terakhir babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Timnas Indonesia yang berada di Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia Qatar akan menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020.Timnas Indonesia kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan di pertandingan terakhir bertandang ke Vietnam pada 12 November 2020.Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dengan tegas menginginkan Tim Garuda mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat Indonesia di FIFA.Selain timnas senior, Shin Tae-Yong juga menangani timnas U-19 Indonesia yang akan berlaga Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Para pemain Timnas Indonesia U-19 ini diproyeksikan untuk menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-20. Shin Tae-yong akan menjadi pelatih timnas U-20 Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021.       Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah putaran final Piala Dunia U20-2021.