Ustaz Abdul Somad Jelaskan Tata Cara Salat Idul Fitri

Screenshot_20200513-215032
Screenshot_20200513-215032 (Foto : )

antvklik Salat Idul Fitri adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Ustaz Abdul Somad (UAS) mengatakan bahwa boleh melakukan salat Idul Fitri sendirian di rumah. Fatwa UAS ini didasarkan pada pendapat Imam Syafi'i yang dituturkan oleh murid yang bernama Imam Al-Muzani.

"Boleh salat Idul Fitri, Idul Adha satu orang. Pagi Idul Fitri, enggak bisa pulang kampung, sendirian di rumah kos-kosan, salat Idul Fitri sendiri," kata Abdul Somad, pada kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official, Selasa (21/4/2020). UAS menambahkan bahwa salat Id sah dilakukan dengan berjamaah empat orang.

"Imam bapak, (makmumnya) istri, anak, keponakan, ayah, ibu, pembantu, salat di rumah," ujarnya. Empat itu, menurut UAS, adalah batas minimal lebih dari batas jumlah minimal jamak. "Jamak itu, satu mufrad, dua musana, tiga jamak. Lebih dari jamak, empat. Makmum tiga dan imam satu.

Tidak ada alasan untuk tidak salat Idul Fitri," imbuhnya. UAS juga menjelaskan bahwa khutbah salat Idul Fitri sama dengan salat Jumat. Ia menjelaskan lima rukun khutbah. "Berdiri, takbir. (pertama) hamdulillah. Habis hamdallah, selawat.

Allahumma salli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad. Habis itu ayat Al-Quran. Ya ayyuhalladzina amanut taqullaha. Enggak hafal, Qul huwallahu ahad allahu somad," tutur UAS. "Ketiga wasiat taqwa.

Ushikum wa nafsi bitaqwallah. Enggak bisa bahasa Arab. Aku wasiatkan kepada kamu semua takutlah kepada Allah ini musim corona..., mau pakai nangis. Silakan," katanya. "Duduk sebentar, khutbah kedua. Habis itu berdiri tegak lagi. Ulang lagi lima rukun khutbah.

Habis itu berdoa," demikian Ustaz Abdul Somad. Sedangkan solatnya adalah usoli sunatan li idil fitri rokataini lillahi taala... Allohu Akbar. Kemudia takbir tujuh kali pada rokaat pertama dan lima kali ada rokaat kedua. Selebihnya solatnya sama dengan solat lainnya. Mengenai bacaan sebelum takbir adalahsubhanalloh wal hamdulillah wala ilaha illahu Akbar.