Begini Tata Cara Memandikan dan Menguburkan Jenazah Korban Virus Corona COVID-19

Begini Tata Cara Memandikan dan Menguburkan Jenazah Korban Virus Corona COVID-19 (Foto Istimewa)
Begini Tata Cara Memandikan dan Menguburkan Jenazah Korban Virus Corona COVID-19 (Foto Istimewa) (Foto : )
Jumlah kematian akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2 di Indonesia terus bertambah. Terakhir, menurut Juru Bicara Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, menyebut total kematian akibat COVID-19 di Indonesia hingga hari ini, Sabtu (21/3/2020) mencapai 38 orang.
Jumlah ini diprediksi akan bertambah mengingat masih banyaknya kasus positif COVID-19 yang kini telah mencapai 450 orang per Sabtu (21/3/2020) dengan pasien yang sembuh 20 orang. Mereka yang meninggal telah diurus oleh tim medis dari rumah sakit rujukan resmi pemerintah.Disampaikan oleh Menteri Agama, Fachrul Razi, pemakaman akan dilakukan oleh pihak keluarga usai ada arahan dari pihak rumah sakit. Ada sedikit perbedaan dalam tata cara memakamkan orang yang meninggal akibat patogen berbahaya.
Berikut Tata Cara Memakamkan Jenazah Korban Penyakit Menular (Termasuk Korban Virus Corona) Menurut Kemenag dan WHO. Sebelum memandikan jenazah, ini yang perlu diperhatikan - Petugas wajib menggunakan pakaian pelindung, terdiri dari sarung tangan, dan masker. Semua komponen pakaian pelindung harus disimpan di tempat yang terpisah dari pakaian biasa .- Tidak makan, minum, merokok, maupun menyentuh wajah saat berada di ruang penyimpanan jenazah, autopsi, dan area untuk melihat jenazah- Menghindari kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh jenazahSelalu mencuci tangan dengan cairan antiseptik- Jika memiliki luka, tutup dengan plester atau perban tahan air- Sebisa mungkin, hindari risiko terluka dengan benda tajam[caption id="attachment_295539" align="aligncenter" width="900"] Begini Tata Cara Memandikan dan Menguburkan Jenazah Korban Virus Corona COVID-19 (Foto Istimewa) Begini Tata Cara Memandikan dan Menguburkan Jenazah Korban Virus Corona COVID-19 (Foto Istimewa)[/caption]Apabila petugas terkena cairan tubuh jenazah, ini yang harus dilakukanJika petugas mengalami luka tusuk yang cukup dalam, segera bersihkan luka dengan air mengalir,Jika luka tusuk tergolong kecil, cukup biarkan darah keluar dengan sendirinyaSemua insiden yang terjadi saat menangani jenazah harus dilaporkan kepada pengawas.