Indonesia Raya Versi Keroncong

Indonesia Raya Versi Keroncong
Indonesia Raya Versi Keroncong (Foto : )
Wage Rudolf Supratman adalah komposer lagu Indonesia Raya. Lagu kebangsaan yang disebut-sebut menyontek lagu kebangsaan Perancis. Ah, sudahlah … Pernah mendengar lagu Indonesia Raya versi keroncong?
Indonesia Raya diperdengarkan secara umum pada saat sidang Konggres Pemuda II, 28 Oktober 1928. Namun sejatinya sudah direkam setahun sebelumnya. Proses rekaman dilakukan di perusahaan rekaman milik Yo Kiem Tjan, NV. Populair pada 1927.WR Supratman dan Yo Kiem Tjan memang karib sejak lama. Bahkan, disebut-sebut Supratman bergabung di grup orkes milik Yo Kiem Tjan.Lagu Indonesia Raya ternyata punya dua versi. Versi pertama dinyanyikan Supratman dengan iringan musik biola. Sedangkan versi kedua, dibuat dengan genre keroncong. Dua-duanya direkam di kediaman Yo Kiem Tjan. Oleh Yo Kiem Tjan, master hasil rekaman ia simpan. Sedangkan versi keroncong, dikirim ke Inggris untuk diperbanyak.[caption id="attachment_295278" align="alignnone" width="780"]
Indonesia Raya Versi Keroncong Foto: wartabromo.com[/caption]Pemerintah Belanda yang mengetahui hal itu panik dan menyita piringan hitam yang banyak beredar di masyarakat. Satu-satunya yang masih tersisa adalah piringan hitam asli versi keroncong. Saat ini, benda bersejarah itu tersimpan rapi di Museum Sumpah Pemuda dan masih bisa diperdengarkan hingga kini.https://www.instagram.com/p/B9fb99KldcG/?igshid=uovnw75no06uAnda penasaran? Silakan datang ke Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.