Menhub Budi Karya Positif Corona dan Liga 1 Dihentikan Sementara 2 Pekan

Rapat bersama PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk penghentian sementara Liga 1 dan Liga 2 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu 14 Mar
Rapat bersama PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk penghentian sementara Liga 1 dan Liga 2 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu 14 Mar (Foto : )
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengambil keputusan untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 selama dua pekan terhitung Senin 16 Maret 2020, karena kasus virus corona atau Covid-19 yang sudah terjadi di beberapa daerah. 
Sementara itu kabar terbaru, terdapat 96 kasus positif terinfeksi virus Korona di Indonesia. Virus tersebut bahkan sudah menginfeksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.Keputusan itu diambil usai rapat bersama di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu 14 Maret 2020 malam WIB.“Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran Virus Corona,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.Dengan demikian, empat laga Liga 1 2020 yang akan dimainkan pada Minggu 15 Maret sore hingga malam WIB, akan tetap berlangsung. Sedangkan 12 pertandingan Liga 2 2020 juga tetap dimainkan. Apalagi, Liga 2 baru resmi dibuka oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Stadion Batakan.Keputusan PSSI untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 2020 diapresiasi oleh Menpora Zainudin Amali. Menurutnya, PSSI serius dalam menyikapi perkembangan terkini dari virus Korona sekaligus imbauan WHO dan Kementerian Kesehatan.Sebelumnya, Kemenpora memutuskan setiap kegiatan olahraga profesional di Indonesia berlangsung normal usai rapat dengan stakeholder pada Jumat 13 Maret 2020. Keputusan soal penundaan atau penghentian sementara diserahkan kepada setiap induk olahraga."Pemerintah berterima kasih atas PSSI yang sangat bijak. Itu artinya kita sangat serius, menanggapi apa yang disampaikan WHO dan kemenkes. Liga terakhir besok, sampai dua minggu sambil menunggu perkembangan." ”Ini bukti pemerintah berkoodinasi dengam cabor-cabor." Ujar Menpora Zainudin Amali.Sejauh ini belum ada surat resmi dari PT LIB maupun PSSI yang masuk ke manajemen klub-klub Liga 1 dan Liga 2, terkait dihentikannya kompetisi Liga 1 2020 untuk sementara, setelah bergulirnya pekan ketiga.