Boxing Day, Leicester Vs Liverpool Kunci Perebutan Gelar Juara EPL Musim Ini

Para pemain Liverpool kembali berlatih jelang main tandang melawan Leicester City di laga Boxing Day di Stadion King Power, Jumat (27/12) dini hari WIB.
Para pemain Liverpool kembali berlatih jelang main tandang melawan Leicester City di laga Boxing Day di Stadion King Power, Jumat (27/12) dini hari WIB. (Foto : )
Pemimpin klasemen Liverpool akan main tandang melawan peringkat dua Leicester City di laga Boxing Day pada pekan ke-19 Premier League 2019/20, di Stadion King Power, Jumat (27/12) dini hari WIB.
Dalam satu dekade terakhir, tim asal Kota Pelabuhan ini satu kali bertemu Leicester pada masa Boxing Day pada musim 2015/2016, 26 Desember 2015. Pada pertandingan pekan ke-18 itu Liverpool menang tipis 1-0 di Anfield lewat gol tunggal Christian Benteke di menit ke-63.Kemenangan itu melengkapi tren positif Liverpool yang selalu menang di laga Boxing Day dalam lima musim terakhir. Akan tetapi, dalam satu dekade belakangan Liverpool hanya menang enam kali dengan menelan tiga kekalahan.Selain tren bagus di Boxing Day, Liverpool juga punya rapor apik ketika melawan Leicester. Pada pertemuan pertama di Premier League musim ini, pada pekan ke-8, Liverpool menjinakkan Leicester 2-1 di Anfield.Dalam laga tandangnya melawan Leicester di Premier League musim lalu, Liverpool menang 2-1. Di lima laga terakhir melawan The Foxes, Liverpool menang empat kali dengan satu kali imbang.Liverpool juga selalu menang dengan margin 1 gol dalam 2 laga tandang terakhirnya melawan Leicester di Premier League: 3-2 pada musim 2017/18, 2-1 pada musim 2018/19. Apalagi Liverpool sedang dalam momen positif, di mana mereka baru saja memenangi Piala Dunia Antarklub 2019 pada Minggu lalu.Sampai dengan saat ini tim asuhan Jurgen Klopp masih kokoh di puncak klasemen dengan unggul 10 poin atas Leicester. The Reds juga masih memiliki tabungan satu pertandingan yang belum dimainkan. Kemenangan akan membuat Liverpool menjauhkan jarak dengan Leicester sebagai pesaing terdekat menjadi 13 poin.Sementara Kubu tuan rumah Leicester City harus meraih tiga angka dalam laga krusial tersebut guna memangkas jarak dengan Jordan Henderson dan kawan-kawan sekaligus membuka peluang juara untuk kali kedua.Leicester ingin memberikan kekalahan pertama bagi Liverpool di Liga Inggris musim ini, sekaligus kembali ke jalur kemenangan. Terlebih tim asuhan Brendan Rodgers tersebut memiliki ancaman serius dalam diri Jamie Vardy.Vardy tengah kembali ke performa terbaiknya di musim ini. Penyerang 32 tahun itu sudah mengoleksi 17 gol dari 18 pertandingan dan berada di puncak top skor sementara Liga Inggris. Sebanyak 12 gol dicetak Vardy dalam 10 pertandingan terakhir.Gawang Liverpool juga termasuk ke dalam klub favorit Vardy. Jamie Vardy telah mencetak 7 gol dalam 10 penampilan melawan Liverpool di Premier League.Meski demikian, di dua pertemuan terakhir kedua tim Striker kelahiran Sheffield itu gagal mencetak gol ke gawang Liverpool, saat kedua tim bermain imbang 1-1 di musim 2018/2019 dan ketika The Foxes kalah 1-2 di putaran pertama musim ini.Licester saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris dengan 39 poin. Mereka tertinggal 10 poin dari Liverpool yang berada di posisi teratas. Jika Leicester menang, perburuan gelar masih terbuka untuk sejumlah tim, termasuk mereka dan Manchester City.