Susi Sindir Presiden Jokowi Soal Benih Lobster, Ini Kata Jokowi

jokowi berangkat ke ibu kota baru
jokowi berangkat ke ibu kota baru (Foto : )
Kritikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti soal wacana pemerintah membuka keran ekspor benih lobster membuat Presiden Jokowi angkat bicara.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara soal wacana ekspor benih lobster yang dikritik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti.Jokowi mengatakan, wacana Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang ingin membuka lagi ekspor bibit lobster, harus dilihat dari efek kemanfaatan dan lingkungannya."Yang paling penting menurut saya, negara mendapatkan manfaat, nelayan mendapatkan manfaat, lingkungan tidak rusak. Yang paling penting itu," kata Jokowi di sela-sela meresmikan Tol Balsam di Kutai Kartanegara, Selasa (17/12/2019).Jokowi menegaskan, ekspor bibit lobster harus ada keseimbangan. Nilai tambah untuk dalam negeri diperoleh dan lingkungan juga tidak rusak."Jangan juga awur-awuran, semua ditangkapin di ekspor, juga enggak benar," katanya.Jokowi menambahkan, ekspor benih lobster tidak boleh ugal-ugalan, untuk menghindari terjadinya penyelundupan. Namun menurutnya, tidak bisa juga pemerintah hanya melarang ekspor benih lobster itu."Agar benih lobster tidak diselundupkan, tidak di ekspor secara awur-awuran, tapi juga nelayan mendapatkan manfaat dari sana. Nilai tambah ada di negara kita," kata Jokowi lagi.

Susi Sindir Jokowi

Sebelumnya Susi mengkritik keras wacana pemerintah membuka keran ekspor benih lobster. Lewat akun Twitternya, Susi menguraikan panjang lebar soal kerugian negara dan nelayan jika benih lobster diekspor.Bahkan Susi juga seperti menyindir kebijakan Jokowi yang tegas melarang ekspor nikel pada 2020 dan tak gentar digugat Uni Eropa di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)."Nikel itu benda mati tidak bisa beranak pinak diambil akan habis. Lobster itu makhluk hidup bernyawa, berkembang biak/ beranak pinak. Kita jaga habitat & keberlanjutan bibit-bibitnya di alam pasti lobster itu akan tetap ada, banyak sepanjang masa untuk kita ambil, makan dan jual," tulis Susi.Kritikan Susi tentang wacana ekspor benih lobster ternyata dibela sesama kolega, mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo."Menurut saya, pemikiran Ibu Susi tentang ini sangat masuk akal dan perlu didukung. Kecuali ada yang bisa membantu memberikan pencerahan yang masuk akal dari sudut pandang yang lain," tulis Eko.[embed]https://twitter.com/EkoSandjojo/status/1206552277990789121[/embed]Kritikan Susi tidak hanya mendapat dukungan dari koleganya, sesama mantan menteri. Banyak netizen yang juga mengecam wacana ekspor benih lobster yang dilontarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.Bahkan tagar   #TenggelamkanEdhyPrabowo  masih jadi salah satu  tren