Lawan Vietnam, Timnas Indonesia U-23 Wajib Waspadai Dua Pemain Ini

Berduet dengan Nguyen Tien Linh, Ha Duc Chinh membukukan quattrick saat menggulung Brunei 6-0
Berduet dengan Nguyen Tien Linh, Ha Duc Chinh membukukan quattrick saat menggulung Brunei 6-0 (Foto : )
Di laga ketiga Grup B SEA Games 2019, giliran Vietnam yang akan jadi lawan Timnas Indonesia U-23, di Stadion Rizal Memorium, Minggu (28/11/2019). Jelas, mereka bukan lawan mudah, bahkan bisa dibilang yang terkuat di Grup B.
Buktinya, di dua laga awal, Vietnam sukses menyegel kemenangan dengan skor besar. Pada partai pertama (25/11/2019), Timnas Vietnam U-23 pesta enam gol tanpa balas ke gawang Brunei Darussalam. Vietnam kembali menunjukkan agresivitas mereka dengan menggulung Laos 6-1 pada matchday kedua, Kamis (28/11/2019).Dengan begitu
the Golden Stars kini mengemas poin enam dan berhak menduduki puncak klasemen sementara Grup B SEA Games 2019, melewati Timnas Indonesia U-23 yang juga mengoleksi poin sama.Namun begitu, peluang Timnas Indonesia U-23 tetap terbuka. Jika bisa mempertahankan performa terbaik, bukan tak mungkin kemenangan ada di tangan sekaligus mengamankan tiket ke semifinal.Pasalnya, Indonesia hanya kalah selisih gol karena baru membukukan empat gol tanpa kebobolan, sedangkan Vietnam sudah mengoleksi 12 gol dan kebobolan satu gol, sehingga Tim Garuda untuk sementara ada di peringkat kedua.Laga ini jelas krusial buat Indonesia karena menang atas Vietnam dianggap bakal jadi kunci kelolosan ke semifinal serta memperebutkan status juara grup.Sama seperti Vietnam, Timnas Indonesia U-23 hanya punya dua hari untuk persiapan pertandingan. Meski hanya punya waktu dua hari untuk recovery, sebenarnya durasi itu lebih panjang ketimbang laga sebelumnya. Sebelum melawan Thailand dan Singapura, Timnas Indonesia U-23 hanya punya waktu istirahat selama satu hari saja.Pelatih Indra Sjafri pantas memantau permainan Vietnam asuhan Park Hang-seo, terutama dua pemainnya, Ha Duc Chinh dan Nguyen Tien Linh yang tampil apik dalam laga kontra Laos.Ha Duc Chinh dan Nguyen Thien Linh mampu bekerja sama untuk menghasilkan banyak gol di SEA Games kali ini.Nguyen Tien Linh mencetak hattrick pada pertandingan melawan Laos. Ini jadi kali kedua pemain Timnas Vietnam U-23 tampil mencolok. Pada matchday pertama saat menggulung Brunei 6-0 (25/11/2019), Ha Duc Chinh membukukan quattrick. Alhasil, pemain Timnas Vietnam U-23 ini kini merajai daftar top scorer sementara di SEA Games 2019.Timnas Indonesia U-23 sendiri memanfaatkan jeda waktu istirahat selama dua hari untuk pemulihan stamina dan fisik. Tim polesan pelatih Indra Sjafri ini, Jumat (29/11/2019) pagi menggelar latihan ringan untuk pemulihan tenaga. Indra membagi program latihan menjadi dua.Sebagian pemain yang kemarin duduk di bangku cadangan berlatih di taman depan hotel penginapan tim. Sementara para pemain inti berlatih ringan di kolam renang hotel."Program kita hari ini memang untuk pemulihan. Kita harus pandai-pandai menjaga kondisi kebugaran pemain karena waktu istirahat sangat singkat. Kita maksimalkan jeda istirahat yang kita punya," kata Indra.Indra memastikan seluruh pemain sudah dalam keadaan bugar dan siap tampil.Sementara Dokter tim Dokter Syarif Alwi Maruapey mengatakan, dalam dua hari ini fisio dan terapis untuk pemain akan lebih diutamakan. "Selain itu tentu saja pola makan dan dan tidur akan kita awasi untuk menjaga kebugaran," ujarnya.