Komentar Coach Fakhri Husaini, Soal Kunci Rahasia Kemenangan Timnas U-19 Atas Timor Leste

faj-3
faj-3 (Foto : )
Pelatih kepala tim nasional Indonesia U19, Fakhri Husaini, mengatakan jika salah satu kunci suksesnya dalam memenangi laga pertama 3-1 melawan Timor Leste, di Kualifikasi Piala AFC U-19,  2020 Rabu (6/11) di Stadion Madya Senayan Jakarta, adalah, pergantian pemain.
Dua gol dari Muhammad Fajar Fatur Rahman di menit ke-2 dan 77, serta satu gol dari David Maulana di menit ke-62 memberi kemenangan bagi Indonesia. Sementara, satu gol dari Timor Leste dicetak oleh Mouzinho de Lima pada menit ke-51, melalui titik putih.“Masuknya Supriadi dan perubahan Bagus menjadi striker merupakan dua kunci sukses kemenangan kami. Selain itu juga datang kartu merah yang membuat kami lebih bisa mengendalikan pertandingan dan membuat banyak peluang,” tutur Fakhri seperti dikutip dari Laman PSSI.Fakhri  bersyukur bisa mendapatkan tiga poin di laga pertama, seperti diakuinya, laga pertama selalu sulit bagi tim manapun. “Syukur Alhamdulillah pada laga pertama kami bisa mendapatkan tiga poin. Di mana-mana laga pertama itu tidak mudah, namun pemain berhasil menghadapi tekanan dalam lapangan,” katanya.Fakhri menilai, satu kekhawatirannya yaitu dengan faktor mental anak-anak asuhnya. “Faktor mental yang tadi saya khawatirkan karena harapan besar dari masyarakat yang ditakutkan bisa mengganggu, hilang. Mereka bisa mengatasi semua tekanan faktor mental yang kami khawatirkan dan itu terlihat. Meski menang banyak catatan tadi yang perlu kami perbaiki supaya kami bisa bermain lebih baik lagi,” jelasnya.Sementara itu, bagi pemain belakang timnas Indonesia U19, Muhammad Salman Alfarid, kemenangan pertama ini bisa menjadi penyemangat untuk laga berikutnya. Dia juga berterima kasih kepada Fakhri Husaini, karena telah memuji penampilannya.[caption id="attachment_246372" align="alignnone" width="900"]
Fakhri Husaini Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini optimis Timnas U-19 akan kiian berkembang menghadapi laga kedua melawan Hong Kong, Jum at (8/11)di Stadion Madya Senayan Jakarta. (Foto : PSSI).[/caption]“Terima kasih  coach  Fakhri. Saya akan terus meningkatkan kemampuan di atas lapangan. Semoga saya dan teman-teman bisa terus memberikan kemenangan di laga-laga berikutnya,” ungkapnya.Kekalahan di pertandingan pertama, oleh pihak Timor Leste, menurut pelatih Lee Minyoung, hasil yang didapatkan timnya memang wajar. Mengingat, anak asuhnya bermain tidak maksimal di pertandingan tersebut karena sering kali berbuat kesalahan.Selain itu, Lee menyatakan timnas Indonesia U-19 bermain dengan sangat baik. Pasukan Fakhri Husaini tersebut tak membiarkan timnya leluasa dalam mengolah bola. “Tim yang kami punya permainan kurang bagus. Sementara Indonesia U-19 bermain dengan bagus dan mampu menguasi pertandingan,” kata Lee.Sosok asal Korea Selatan tersebut melanjutkan kartu merah yang didapatkan Nelson Pinto pada laga tersebut juga mengurangi kekuatan timnya. Timor Leste bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-58.“Saya juga bisa katakan, berkurangnya satu pemain dari tim kita mempengaruhi permainan tim dan akhirnya tim kita kalah karena kurang pemain,” ucapnya.Indonesia kini untuk sementara memimpin Klasemen Grup-K, setelah di pertandingan lain hari Rabu (6/11) Korea Utara bermain imbang 1-1 melawan Hong Kong.Pertandingan berikutnya, Timnas U-19 Indonesia, akan menghadapi Hong Kong hari Jumat (8/11) jam 19 00 WIB. Sementara Timor Leste akan menghadapi  Korea Utara, pada pertadingan sebelumnya jam 15 30 WIB. Keduan digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Sekadar informasi, harga tiket pertandingan, tribun barat dan timur Rp 75 000,-.