Pemain Terbaik Dunia 2019 : Van Dijk Kembali Bersaing dengan Messi dan Ronaldo

nomi-1
nomi-1 (Foto : )

Ketiga nominator itu dipilih FIFA, setelah menyingkirkan tujuh kandidat lain di fase sebelumnya, yaitu : Eden Hazard (Real Madrid), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Sadio Mane dan Mohamed Salah (Liverpool), Harry Kane (Tottenham Hotspur), serta Frenkie De Jong dan Matthijs De Ligt (Ajax Amsterdam).

Menurut situs FIFA, Nominasi FIFA ini diambil dari sumbangsih pemain untuk klub dan negaranya sepanjang musim 2018-2019.

Lionel Messi sukses membawa klubnya Barcelona, menjuarai La Liga, Piala Super Spanyol, menjadi Top Skorer di La Liga dengan 36 gol dan Liga Champions 12 gol, meski Barcelona terhenti di babak semifinal.

Bersama Timnas Argentina, Messi melaju hingga semifinal Copa America 2019. Cristiano Ronaldo, sukses membawa Timnya Juventus menjadi juara Liga Italia, Piala Super Italia, dan Timnas Portugal menjuarai UEFA Nation League 2019.

Sementara itu, Virgil van Dijk yang memenangi dua gelar bersama Liverpool, yakni Liga Champions dan Piala Super Eropa, ditambah Runner Up Liga Inggris dan UEFA Nation League bersama Timnas Belanda.

Jika Ronaldo dan Messi memiliki rekor istimewa mencetak gol, Van Dijk istimewa menjaga pertahanan Liverpool, sulit dilewati pemain lawan. Liverpool hanya menelan sekali kekalahan di Liga Inggris, dan menjadi tim yang paling sedikit kebobolan. 

Jurgen Klopp, Pep Guardiola, dan Mauricio Pochettino, Calon Pelatiih Terbaik Dunia 2019 versi FIFA. Untuk kategori pelatih terbaik, mencuat tiga nominator, Jurgen Klopp (Liverpool), Pep Guardiola (Manchester City) dan Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur).