Umat Islam Indonesia Rayakan Tahun Baru 1441 Hijriah, dan Ini Doanya ...

obor
obor (Foto : )

Umat Islam Indonesia rayakan tahun baru 1441 Hijriah penuh suka cita. Umat Muslim Indonesia merayakan dengan turun ke jalan dan ibadah mengidupkan malam pergantian tahun. antvklik.com - Umat Islam Indonesia rayakan tahun baru 1441 Hijriah penuh suka cita. Sebelum melakukan ibadah malam di masjid-masjid atau di rumah masing-masing, tanggal 1 Muharram yang menjadi awal tahun penanggal hijriyah disambut suka cita.

Umat muslim melakukan pawai, menyalakan obor, dan mengenakan pakaian yang baik untuk menarik perhatian seperti dilakukan warga Balaraja, Banten. Sementara itu, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan bahwa tanggal 1 Muharram 1441 Hijriah jatuh pada Ahad, 1 September 2019, persisnya dimulai sejak Sabtu malam.

Ikhbar ini berdasarkan aktivitas rukyat tim Lembaga Falakiyah NU di berbagai daerah pada Jumat (30/8) petang, yang tak menyaksikan hilal atau bulan sabit tanda awal bulan kalender Qamariyah. Sehingga, jumlah hari di bulan Dzulhijjah disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal). “Terima kasih kasih atas partisipasi dan kontribusi Nahdliyin.

Seluruh jajaran LF PBNU mengucapkan selamat tahun baru Hijriah 1441 H,” kata Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ahmad Ghazalie Masroeri, dalam siaran persnya. Inilah doa awal tahun baru 1441 Hijriah.   اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ   Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan.

Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu.

Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. Seperti halnya di Balaraja, Banten, perayaan tahun baru juga dilakukan umat Islam di segenap pelosok di Indonesia. Mereka berharap keberkahan, rezeki, ampunan, kasih sayang, serta kemudahan-kemudahan menjalani tahun 1441 Hijriah. Selamat Tahun Baru ... ! Kusnaedi | Banten