Nikmatnya Ngopi di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta

KEDAI KOPI2
KEDAI KOPI2 (Foto : )
Ngopi buat sebagian orang bukan lagi tentang sekedar minuman. Tapi juga suasana. Lalu bagaimana rasanya ngopi di perbukitan Menoreh Kulon Progo, Yogyakarta? 
Newsplus.antvklik.com
- Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta menyajikan pesona keindahan alam yang menakjubkan. Dari atas bukit kita bisa menyajikan pemandangan Waduk Sermo dan menatap  pesisir Pantai Selatan.Suasana alam yang indah dengan tiupan angin sepoi-sepoi, sungguh cocok dinikamati dengan secangkir kopi.  Bagi Anda yang ingin menikmati kopi di atas perbukitan Menoreh, bisa mampir ke Kedai kopi Pari.Kedai kopi yang didesain dengan bangunan dan ornamen tradisional membuat pengunjug terbawa ke masa lalu. Kedai kopi Pari berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten KulonProgo. Di sini anda menikmati berbagai jenis kopi robusta. Kopi yang didapat dari perkebunan petani lokal di Kulon Progo.

“Indah. Suasana Jawa sekali. Saya suka ke sini sama teman-teman. Kadang juga sendiri. Enak buat menyepi”, kata Cahyo, pelanggan Kedai kopi Pari.

Pengolahan Kopi

Menurut Supari, pemilik kedai kopi,  pengunjung dapat memilih metode pengolahan  kopi. Kopi bisa disajikan bentuk tubruk atau lebih halus lagi.“Kopi robusta bisa diolah suka-suka pembeli. Mau tubruk ada mau diolah pakai mesin juga bisa. Mana maunya aja,” jelas Supari.Harganya pun tak bikin kantong jebol. Cukup Rp 5.000 per gelas Anda sudah bisa menikmati kopi robusta khas Kulon Progo.“ Kami hanya jual lima ribu segelas. Cuma ada paket lengkap juga. Itu kopi sama jajanannya. Kita jual sampai Rp60.000. Paket murah juga ada,” jelas SupariYah, minum kopi tanpa ditemani camilan tentu kurang pas. Di Kedai kopi Pari, tersedia geblek, tempe besengek hingga pisang goreng.“Saya suka sekali tempat ini. Sudah berkali-kali ke sini dan tetap suka. Kopinya enak. Makanannya juga enak. Tradisional sekali. Apalagi tempatnya nyaman dan teduh. Enak buat santai-santai, “ papar seorang pengunjung, Wahyu.Bagi anda yang ingin mampit ke kedai kopi Pari, anda bisa menuju Girimulyo via jalan Godean. Jaraknya sekira 40 km dari Yogyakarta. (Ari Wibowo I Kulon Progo, Yogyakarta)