Menhub: Lepas Mudik Gratis Mudik Bareng Asyik Lancar 2019

menhub budi karya sumadi dan mensos agus gumiwang lepas mudik asyik 2019
menhub budi karya sumadi dan mensos agus gumiwang lepas mudik asyik 2019 (Foto : )

Mudik gartis gelombang pertama ini diberangkatkan sebanyak 400 unit dengan jumlah pemudik sekitar 20.000 orang dengan 40 kota tujuan di Jawa dan Sumatera.

Rencana besok gelombang kedua, program mudik gratis ini akan memberangkatkan 300 unit bus dari beberapa wilayah di antaranya dari stadion Pakansari Bogor, Sumarecon Bekasi, dan kantor Pemkab Tangerang, dengan tujuan Jawa dan Sumatera.

"Hari ini saya bersama Mensos Pak Agus melepas mereka yang ingin mudik. Suatu kebahagiaan karena memang amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahagiakan mereka semua," kata Budi Karya Sumadi kepada newsplus.

Menteri Sosial Agus Gumiwang menambahkan harapannya agar pemudik dapat bersilturahim dengan sanak keluarga di kampung halaman masing-masing. "Saya kira ini merupakan perhatian dari pemerintah pusat agar para keluarga atau yang ingin bersilaturahim dengan keluarganya di daerah masing-masing.

Saya melihatnya berjalan lancar termasuk nanti saat pemudik kembali ke Jakarta," ungkap Mensos Agus Gumiwang. Menhub menyampaikan program mudik gratis diharapkan mengurangi beban lalu lintas yang didominasi kendaraan pribadi dan pengguna sepeda motor.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani menyebutkan  mudik gratis tahun ini total menyediakan armada sebanyak 1.243 unit bus dengan kapasitas 55.935 orang serta 81 unit truk sebanyak 3.645 unit untuk mengangkut sepeda motor pemudik.

Kementerian Perhubungan juga telah menyiapkan kebutuhan untuk arus balik yang diprioritaskan pada titik kumpul di Purwokerto, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.