The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Instagrammable Keren di Lembang

The Lodge Maribaya (Foto : Instagram @thelodgemaribaya)

Antv – Kurang rasanya jika berlibur ke Bandung tanpa datang ke Lembang. Kota ini mempunyai banyak tempat wisata yang patut dikunjungi, salah satunya The Lodge Maribaya.

The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata Instagrammable lainnya yang ada di kota Lembang. Di sini, kamu pun akan disuguhkan dengan panorama alam di sekitarnya yang memesona.

Pada awalnya, The Lodge Maribaya hanya sebuah lahan kosong di lereng lembang yang tepat berada di patahan Lembang. Kemudian, seorang pengusaha asal Garut mendirikan villa di atas tanah ini. 

Meskipun begitu, villa tersebut lebih sering kosong karena pemiliknya tak tinggal di sana. Oleh karena itu, sang pemilik mengolah tempat ini sebagai acara kebersamaan perusahaan yang disebut The Lodge Escape To Nature.

Tempat ini semakin berkembang karena kebanyakan pengunjungnya adalah influencer internet. Mereka sering mengunggah foto ke media sosial sehingga tempat ini semakin dikenal publik. 

Sampai akhirnya pada tahun 2016, tempat ini menjadi viral. Namanya pun berubah menjadi The Lodge Maribaya.

Saat ini The Lodge Maribaya memiliki beberapa wahana foto yang unik dan keren. Tidak hanya konsepnya yang unik, melainkan juga pemandangan alam di belakangnya yang begitu indah.

Meskipun begitu, The Lodge Maribaya tidak mengganti konsep awal tempat ini, yaitu gathering dan camping. Sampai saat ini, kedua kegiatan itu masih bisa dilakukan di tempat tersebut. Acara pernikahan pun boleh diadakan di tempat ini. 

Wahana Foto di The Lodge Maribaya

Balon Udara

The Lodge Maribaya - Balon Udara. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Balon udara ini menjadi spot foto terfavorit sekaligus daya tarik utama di The Lodge Maribaya. Balon ini dilengkapi semacam keranjang di mana pengunjung bisa berdiri dan berpose di sana. 

Balon udara ini tentunya tak bisa terbang, jadi hanya spot foto semata. Namun, jika difoto dari beberapa sudut tertentu, pengunjung seolah sedang terbang dengan balon udara. 

Tidak hanya itu, pemandangan pegunungan dan hutan pohon pinus di belakangnya pun akan memperindah fotomu nantinya. Dijamin, pemandangan ini tidak akan membosankan mata. 

Zip Bike

The Lodge Maribaya - Zip Bike. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Naik sepeda sudah biasa. Namun, bagaimana jadinya jika kamu naik sepeda di atas tali?

Tenang saja, ANTV Lovers. Zip bike ini telah tersambung oleh pengaman lainnya sehingga pengunjung tidak akan jatuh saat menaikinya. 

Di wahana Zip Bike ini, pengunjung justru akan mendapat hasil foto yang keren saat menaiki wahana zip bike ini dan berpose dengan pemandangan alam yang memesona. 

Gantole

The Lodge Maribaya - Gantole. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)
 

Ingin punya foto keren saat menggunakan gantole, tapi kamu ketinggian? Maka kamu bisa mencoba wahana foto gantole yang ada di The Lodge Maribaya.

Seperti wahan foto lainnya yang ada di sini, gantole ini tida benar-benar terbang. Kamu bisa berpose seolah-olah sedang terbang tanpa harus benar-benar melayang di udara. 

Fotomu dengan gantole ini akan terlihat meyakinkan jika dipotret dari sudut tertentu. Apalagi, latar belakang pemandangannya merupakan pepohonan dan pegunungan.

Sky Wing

The Lodge Maribaya - Sky Wing. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Ayunan menjadi wahana permainan favorit tak hanya bagi anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Kamu pasti sering melihat wahana ayunan yang diputar di ketinggian, bukan? 

Namun, ayunan sky wing yang ada The Lodge Maribaya ini hanya diperuntukkan bagi remaja taua orang dewasa. Pasalnya, wahana ini berada di ketinggian cukup tinggi dan tempat duduknya pun akan terlalu besar bagi anak-anak.

Meskipun begitu, pengunjung tak perlu khawatir soal keamanan wahana. Pengunjung bisa berpose sesuka hati selama duduk di ayunan ini. Selain itu, posisi wahana yang berada di pinggir tebing akan menjadikan fotomu semakin keren.

Bamboo Sky 

The Lodge Maribaya - Bamboo Sky. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Seperti namanya, wahana ini merupakan menara dari bambu. Seperti wahana lainnya, di Bamboo Sky pengunjung dapat berpose dengan latar belakang langit dan hutan pinus yang lebat nan indah. 

Sky Tree

The Lodge Maribaya - Sky Tree. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Tak jauh berbeda dengan Bamboo Sky, Sky Tree merupakan wahana foto berupa pohon tinggi dengan papan tempat pengunjung bisa berpose di atasnya. Tak perlu khawatir akan jatuh, karena wahana ini juga dilengkapi pengaman.

Aktivitas di The Lodge Maribaya

Camping

The Lodge Maribaya - Camping. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Hampir setiap tempat wisata di Lembang dilengkapi fasilitas untuk camping atau berkemah. Pasalnya, kota ini memang kaya akan keindahan alam. Selain itu, udaranya yang sejuk akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. 

Fasilitas camping di The Lodge Maribaya terbilang lengkap. Pihak pengelola telah menyiapkan tenda dan perlengkapan lainnya, jadi pengunjung tak perlu membawa alat berkemah lainnya. 

Camping ini cocok dilakukan bersama teman-teman atau keluarga. Camping ini pun cocok dijadikan tempat beristirahat, terutama bagi wisatawan yang lelah karena rutinitas keseharian atau hiruk-pikuk kota metropolitan.

Gathering

The Lodge Maribaya - Gathering. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Sebelum dikembangkan sebagai tempat wisata foto, The Lodge Maribaya merupakan tempat gathering bagi keluarga, perusahaan, maupun instansi pemerintahan. 

Lingkungan The Lodge Maribaya yang sejuk dan kaya akan alam membuat tempat ini cocok sebagai tempat membentuk ikatan antar anggota sekaligus pelepas penat yang menenangkan. 

The Lodge Maribaya menawarkan 3 paket gathering, antara lain Fun Games, Team Building, dan Morning Trekking

Wisata Kuliner

The Lodge Maribaya - Dapur Hawu. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

The Lodge Maribaya dilengkapi oleh 2 jenis tempat makan, yaitu Dapur Hawu dan The Pines. Restoran Dapur Haqu menyediakan berbagai jenis minuman dan makanan brat yang cocok dimakan saat jam makan utama.

Di sisi lain, The Pines adalah cafe menyajikan minuman dan makanan ringan. Kedua tempat makan ini pun menyajikan kuliner khas Jawa Barat, seperti surabi, combro, dan makanan lainnya.

Fasilitas The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya - Cafe Pines. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)
 

Sebagai tempat wisata yang sudah cukup lama berdiri, fasilitas di The Lodge Maribaya terbilang lengkap. Tempat wisata foto ini dilengkapi oleh lahan parkir luas, toilet, sampai mushola. 

Selain itu, The Lodge Maribaya memberikan fasilitas tempat pernikahan. Siapapun dapat menyewa dan menggelar momen bahagia hidup mereka di tempat ini. 

Harga Tiket Masuk The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya. (Foto: Instagram @thelodgemaribaya)

Harga tiket masuk The Lodge Maribaya berbeda tergantung dengan hari kamu berkunjung ke tempat wisata ini. 

Tidak hanya itu, kamu harus membayar lagi untuk mencoba setiap wahana foto yang tersedia.

Harga tiket masuk kawasan wisata The Lodge Maribaya saat hari kerja (Senin—Jumat) sebesar Rp35 ribu, sedangkan pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu) sebesar Rp50 ribu. 

Harga tiket wahana Zip Bike, Glass Deck, Valley swing, dan Sky plane sebesar Rp25 ribu.

Harga tiket wahana bamboo sky, mountain swing, dan New Sky Tree sebesar Rp20 ribu.

Harga tiket wahana hot air balloon (balon udara) sebesar Rp35 ribu. 

Tiket masuk kawasan wisata itu sudah termasuk akses ke The Lodge Maribaya, Fairy Garden, dan Lotus Garden. 

Perlu diketahui bahwa pengunjung diperbolehkan masuk setelah mengundah aplikasi Peduli Lindungi. Jika sudah mengunduh, warna pada aplikasinya harus kuning dan hijau. 

Jam Operasional dan Lokasi The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya. (Foto: pinterest)

The Lodge Maribaya berada di Jalan Maribaya No. 149/252, Babakan Gentong, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

The Lodge Maribaya buka pukul 09.00—17.00 WIB di setiap harinya. 

Bagaimana, ANTV Lovers? Tertarikkah kamu mengunjungi The Lodge Maribaya?