Simpel dan Cantik, 10 Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Bunga westeria (Foto : Dekoruma)

AntvTanaman hias gantung bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan untuk mempercantik dekorasi rumah. Saat ini, tanaman hias gantung sedang sama maraknya dengan tanaman hias biasa.

Banyak orang yang menggunakan tanaman hias untuk memperindah tampilan rumah mereka. Tanaman-tanaman hias ini sendiri bisa diletakkan di luar sampai di dalam rumah.

Tanaman hias gantung ini memiliki kelebihannya sendiri. Mereka bisa dipajang di ruang yang kecil atau sempit karena tidak memakan banyak tempat. 

Selain itu, tentunya tanaman hias gantung ini dapat menjadi nilai tambah bagi keindahan rumah. Tanaman hias akan membuat rumahmu lebih asri dan berwarna dari sebelumnya. 

Ingin tahu jenis-jenis tanaman hias gantung untuk dekorasi rumah? Berikut ini artikelnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 24 September 2022.

Dischidia Geri

Dischidia Geri. (Foto : Depositphotos)

Tanaman yang menjuntai ke bawah seperti dischidia geri cocok ditanam di pot gantung untuk menghias teras depan atau belakang rumah. Warna yang cantik sekaligus bentuk daun mungil yang unik akan menambah keindahan dekorasi rumahmu.

Cara perawatan tanaman dischidia geri terbilang mudah. Ketahanan tanaman ini cukup bagus, jadi kamu hanya perlu menyiramnya saat permukaan tanahnya mulai kering. Maka, jangan sampai lupa untuk terus memeriksa tanaman hiasmu ya, ANTV Lovers.

Bunga Anggrek

Bunga anggrek. (Foto : Dekoruma)

Anggrek merupakan salah satu jenis bunga hias paling populer di dunia. Bunga ini memiliki daya tarik yang unik sekaligus elegan sehingga disukai oleh banyak orang. 

Terdapat ratusan jenis bunga anggrek dengan keberagaman warnanya. Oleh karena itu, bunga ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di luar maupun di dalam rumah. 

Bunga ini sendiri cukup mudah ditemukan di Indonesia, begitupun dengan bibitnya. Oleh karena itu, kamu bisa menanam bunga anggrekmu sendiri. Tanamlah di tempat yang memiliki cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara yang baik. 

Waktu yang tepat untuk menyiram bunga anggrek adalah saat pagi dan sore hari, jadi cukup dua kali dalam sehari saja ya, ANTV Lovers!

Bunga Begonia

Bunga begonia. (Foto : Dekoruma)

Senang dengan tanaman bunga berwarna cerah? Maka kamu pasti akan menyukai bunga begonia!

Bunga begonia sangat disukai oleh orang-orang karena warna bunganya yang cerah serta bentuk daunnya yang ornamental. Tanaman ini cocok untuk dipajang di teras rumah, sehingga menjadi sambutan yang baik dan indah bagi tamu yang datang. 

Seperti kebanyakan tanaman hias lainnya, jangan sampai bunga begonia milikmu terlalu terpapar cahaya matahari. Cukup letakkan di tempat yang cukup teduh dan jangan lupa siram dengan air secukupnya. Namun, jika tanah bunga begoniamu sudah lembap kamu tak perlu menyiramnya lagi agar tanaman tidak membusuk. 

Bunga Million Bells

Bunga million bells. (Foto : Kumparan)

Arti di balik nama bunga ini bukan tanpa alasan. Di musimnya, bunga million bells akan mekar dalam jumlah yang banyak dan padat. 

Paduan warna tanaman hias bunga million bells ini begitu cantik dan sedap dipandang. Daunnya berwarna hijau yang agak terang dan kelopak-kelopak bunganya yang terdiri dari warna kuning, merah, sampai merah muda. 

Jika kamu ingin merawat bunga million bells, pastikan letakkan di posisi lebih tinggi agar tanaman bisa terpapar oleh sinar matahari yang cukup.

Bunga Geranium

Bunga geranium. (Foto : Dekoruma)

Bunga geranium disebut juga dengan Crane’s Bill. Bunga pada tanaman ini memiliki banyak warna yang menarik, seperti merah, merah muda, putih, biru, sampai ungu. 

Karakteristik dan warna bunga yang menarik menjadikan banyak orang memajang dan memamerkan tanaman hias ini di halaman depan rumah mereka. Tentunya ini akan menambah nilai dan warna dekorasi pada rumahmu, ANTV Lovers.

Untuk mempertahankan kecantikan bunga ini, kamu harus merawatnya dengan telaten. Karena tanaman ini tahan kekeringan, kamu hanya perlu menyiramnya sesekali saja. Kamu juga bisa menambahkan pupuk cair untuk meningkatkan nutrisi tanaman tersebut.

Tanaman Jenggot Putih

Jenggot musa. (Foto : Rumah123.com)

Tanaman hias gantung jenggot putih ini disebut juga dengan jenggot Musa. Pada umumnya, orang-orang menggantung tanaman jenggot putih ini di teras atau dahan pohon yang ada di halaman. 

Faktanya, jenggot putih ini meang tumbuh dengan subur di dahan atau cabang pohon yang besar dan kokoh. 

Saat mekar, jenggot putih menimbulkan aroma yang harum di pagi hari. Terlebih jika tanaman ini disimpan di tempat yang teduh. 

Ternyata, jenggot putih punya keistimewaannya sendiri, ANTV Lovers. Tanaman ini mampu menyerap nutrisi dan kelembapan, terutama kalsium dari udara dan air.

Bunga Portulaca 

Bunga portulaca. (Foto : dream.co.id)

Bunga Portulaca disebut juga dengan krokot mawar. Di Indonesia sendiri bunga portulaca ini lebih dikenal sebagai tanaman krokot.

Bunga Portulaca memiliki lebih dari 100 spesies dan bisa ditemukan di daerah tropis dan subtropis, seperti Argentina, Brasil, dan Uruguay. 

Tidak hanya sedap dipandang, bunga ini memiliki manfaat. Bunga ini mengandung sebuah senyawa yang dapat mencegah tubuh dari penyakit, seperti sakit tenggorokan, menyembuhkan bisul, hepatitis, dan sakit kepala.

Bunga Japanese Wisteria

Bunga westeria. (Foto : Dekoruma)

Bunga Japanese wisteria memiliki warna yang begitu lembut dan cantik. Dengan paduan warna ungu, putih, dan merah muda, tanaman gantung ini akan menambah keindahan sekaligus nilai estetika di tempat tinggalmu. 

Jumlah bunga ini sendiri ternyata cukup terbatas loh, ANTV Lovers. Dulu, bunga ini hanya bisa ditemukan di daerah Cina, Korea, Jepang, hingga Amerika Serikat. 

Bunga Japanese wisteria ini merambat naik, sehingga alangkah baiknya ditanam di luar saja atau dimasukkan ke dalam keranjang atau pot untuk digantung.

Bunga wisteria memerlukan sinar matahari setidaknya 5 sampai 6 jam setiap harinya. Namun, jangan sampai dibiarkan terjemur di bawah sinar matahari terik. Suhu maksimal yang dapat diterima bunga wisteria ini adalah sekiatar 10—15 derajat celcius. 

Namun, jauhkan bunga ini dari jangkauan anak-anak ya. Di balik bentuk dan warnanya yang cantik bunga Japanese Wisteria mengandung zat beracun yang cukup kuat.

Tanaman Heartleaf Philodendron

Tanaman Heartleaf Philodendron. (Foto : plantingman.com)

Heartleaf Philodendron merupakan tanaman hias dedaunan. Tanaman ini memiliki dedaunan yang berbentuk seperti hati dengan warna hijau yang memikat. 

Tanaman heartleaf philodendron dapat tumbuh baik bahkan di tempat yang minim cahaya matahari. Oleh karena itu, tanaman ini juga bisa dijadikan dekorasi interior rumah. 

Jika ingin diletakkan di dalam rumah, itu artinya tanaman heartleaf philodendronmu harus ditanam di tanah dalam pot. Namun, jangan lupa untuk menyiram air secukupnya. Kamu juga bisa menggunakan pupuk agar tanaman satu ini tumbuh dengan cepat. 

Tanaman philodendron ini memiliki banyak jenis dan beberapa di antaranya juga bisa kamu jadikan tanaman hias di dalam ruangan. Jenis tanaman philodendron ini sedikit di antaranya adalah Philodendron red leaf, Philodendron Congo Rojo, dan Philodendron Brasil.

Tanaman Lobelia White Fountain

Lobelia White Fountain. (Foto : Gardenista)

Ingin tanaman bunga yang warnanya lebih lembut? Maka lobeila white fountain-lah pilihanmu. Tanaman hias ini memiliki bunga berwarna putih dan ungu sehingga akan mencolok dan menarik perhatian orang-orang saat dipajang di rumahmu. 

Tanaman ini cukup mudah dirawat karena tumbuh subur di berbagai musim. Kamu hanya perlu meletakkannya di tempat yang terpapar sedikit cahaya matahari dan menyiram tanaman ini secukupnya.