India Indonesia Independence Day Jadi Ajang Showcase Budaya Negeri Bollywood

India Club Jakarta (Foto : )

Festival ini menjadi acara peringatan kemerdekaan kedua negara yang jatuh pada bulan Agustus ini. India memperingati Kemerdekaan pada 15 Agustus dan dua hari berselang tepatnya 17 Agustus menjadi peringatan Kemerdekaan bagi Indonesia.

India Club Jakarta menggelar festival ini dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan budaya dari negara India. Terdapat sejumlah booth yang menghadirkan berbagai elemen budaya India, mulai dari kuliner hingga fesyen dan aksesori.

“Kami mau showcase (memamerkan), kami mau ngasih tahu budaya India seperti apa,” ungkap Ramesh Ramchandra selaku Wakil Presiden dari India Club Jakarta saat ditemui, Rabu, 17 Agustus 2022 di kawasan Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan. Ramesh sendiri berharap setidaknya 1.200 pengunjung hadir dan 40 hingga 50 persennya adalah masyarakat Indonesia yang turut memeriahkan pagelaran India Indonesia Independence Day ini.

Pengunjung yang datang ke India Indonesia Independence Day “Hari ini kami harap kehadiran kira-kira lebih dari 1.200 orang. Dari situ empat puluh atau lima puluh persen akan ada orang Indonesia,” kata Ramesh Ramchandra. Lebih lanjut, Ramesh mengungkap bahwa acara ini biasanya dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk memperingati kemerdekaan.

“Kami biasanya lakukan setiap tahun,” sambungnya. India Indonesia Independence Day diselenggarakan langsung oleh India Club Jakarta. Bahkan, seluruh panitia yang terlibat dalam acara tersebut merupakan keturunan asli negeri Bollywood ini.