Kaleidoskop Sepakbola Indonesia 2019, Dominasi Bali United di Liga 1 2019

Kaleidoskop Sepak Bola Indonesia 2019, Dominasi Bali United di Liga 1 2019 (Foto : )

Sepanjang tahun 2019, sepakbola Indonesia penuh dengan warna. Ada dominasi Bali United di Liga 1 2019. Ada pergantian pelatih di klub-klub peserta serta perpisahan salah satu legenda sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas. Liga 1 2019 usai dengan Bali United sebagai juara. Liga 1 yang resmi bergulir Mei 2019 sempat diwarnai beberapa penundaan akibat tidak ada izin keamanan dari pihak kepolisian. Pertandingan PS Sleman dan Arema FC  jadi penanda dimulainya Liga 1 2019.Padahal sebelumnya, laga Persija dan Semen Padang dijadwalkan menjadi pertandingan pembuka. Karena Persija berstatus juara bertahan dan Semen Padang sebagai tim promosi. Namun, jadwal tersebut berubah, dimana Persija menghadapi Barito Putera di laga perdana, sementara Semen Padang berduel dengan PSM Makassar.Di awal musim Liga 1 2019 Tira Persikabo sempat tampil menjanjikan dan difavoritkan menjadi juara. Namun, Tira Persikabo justru malah melempem setelah pekan ke-14.Bali United pun menyodok dan memastikan gelar juara saat liga masih menyisakan tiga pertandingan. Mereka bahkan jadi tim pertama di era Liga 1 yang berhasil menjadi juara dengan tiga laga tersisa.Serdadu Tridatu finis dengan 64 poin dari 34 laga (M19 S7 K8). Bali United mencetak 48 gol dan cuma kebobolan 35 gol. Angka kebobolan mereka paling sedikit dibandingkan 17 tim Liga 1 2019 lainnya.Persebaya Surabaya yang sempat tercecer dan diwarnai drama gonta-anti pelatih secara mengejutkan finis di posisi runner-up.  Bajul Ijo tertinggal 10 poin dari Bali United.Juara edisi sebelumnya, Persija Jakarta, finis di papan tengah (peringkat 10). Tiga tim dipastikan tak lagi tampil di Liga 1 musim depan setelah didegradasi ke Liga 2, yakni, Semen Padang dan Kalteng Putra, serta klub hasil merger Perseru Badak Lampung FC.Persija memang terpuruk musim ini, tapi bomber Macan Kemayoran, Marko Simic, menyabet gelar top skor Liga 1 2019 dengan torehan 28 golnya. Renan Silva dari Borneo FC sebagai pemain terbaik, Todd Ferre dari Persipura Jayapura diganjar predikat pemain terbaik, serta Stefano Cugurra yang membawa Bali United juara diapresiasi sebagai pelatih terbaik.Untuk kategori Gol Terbaik, penghargaan diberikan kepada David da Silva (Persebaya Surabaya) yang mencetak gol indah ke gawang Arema FC pada pekan ke-32.

Bambang Pamungkas Pensiun

Liga 1 musim ini juga diwarnai sebuah momen penting. Momen itu adalah pensiunnya Bambang Pamungkas. Legenda Persija dan Timnas Indonesia itu pensiun di usia 39 tahun, dengan laga Persija vs Persebaya Surabaya di SUGBK (17/12/2019) menjadi laga terakhirnya.Persija gagal memberikan hadiah kemenangan untuk pensiunnya pemain yang akrab disapa Bepe ini. Mereka kalah 1-2 di laga pekan ke-33 tersebut.Bali United menjadi kampiun Liga 1 2019, Arema justru berjaya di Piala Presiden 2019. Arema FC menjuarai Piala Presiden 2019 usai mengalahkan sang rival Persebaya Surabaya dengan agregat 4-2 di babak final.Tim besutan Milomir Seslija itu meraih hasil imbang 2-2 pada leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (9/4/2019), kemudian menang 2-0 pada leg kedua di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat malam (12/4/2019).Secara keseluruhan, Arema hanya kalah sekali di Piala Presiden 2019, yakni pada babak penyisihan grup. Klub kebanggaan warga Malang itu juga berhasil menjadi tim tersubur dengan jumlah memasukkan 23 gol dan hanya kemasukan sebanyak enam gol.Gelar ini menjadi yang kedua diraih Arema setelah edisi 2017. Dengan demikian, Arema menjadi tim dengan jumlah gelar Piala Presiden terbanyak sejak dimulai pada edisi 2015.Sementara di ajang Piala Indonesia PSM Makassar keluar sebagai juara. Juku Eja juara usai mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 di leg kedua final (agregat 2-1).Final Piala Indonesia berlangsung dua leg. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, 21 Juli 2019, Persija unggul 1-0 atas PSM lewat gol Ryuji Utomo. Di leg kedua yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8), PSM berbalik menang 2-0. Gol dicetak Aaron Evans dan Zulham Zamrun.

Tim Terbaik Liga 1 2019 Versi PT LIB:

Penjaga gawang: Wawan Hendrawan (Bali United)Belakang: Asnawi Mangkualam Bahar (PSM Makassar), Ricardo Salampessy (Persipura Jayapura), Javlon Guseynov (Borneo FC), Ruben Karel Sanadi (Persebaya)Tengah: Fadil Sausu (Bali United), Renan Silva (Borneo FC), Konate Makan (Arema FC), Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura)Depan: Marko Simic (Persija Jakarta), Ilija Spasojevic (Bali United)Cadangan: Dede Sulaiman (Persipura Jayapura), Anderson Salles (Bhayangkara FC), Ricky Fajrin (Bali United), Marc Anthony Klok (PSM Makassar), Terens Puhiri (Borneo FC), Febri Hariyadi (Persib Bandung), Beto Goncalves (Madura United)