Pemkab Siak Siapkan Kacamata Raksasa untuk Lihat Gerhana

warga (Foto : )

antvklik - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau menyiapkan kacamata ukuran raksasa untuk melihat fenomena alam gerhana matahari cincin yang melintas di Siak pada Kamis (26/12/2019). Pembuatan kacamata raksasa dan penampatannya setelah mendapatkan titik kordinat dari badan meteorologi klimatologi dan geofisika.

Kegiatan ini dipusatkan di Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Selain menyaksikan gerhana, Pemerintah Kabupaten Siak juga mempersiapkan untuk pelaksanaan solat gerhana. Gerhana matahari cincin yang melintasi Desa Bunsur disambut antusias warga karena kejadian serupa baru akan terulang 300 tahun sekali.

“Jadi 300 tahun lagi lintasan gerhana matahari akan berada di garis edar Siak. Karena itulah kami menyambut peristiwa langka ini dengan aneka kegiatan termasuk membuat kacamata raksasa yang nantinya akan masuk dalam rekor dunia MURI,” kata Bupati Siap Alfredi.

Kacamata raksasa yang akan digunakan dibuat berukuran 4 x 24 meter agar warga dapat melihat gerhana matahari cincin ini beramai ramai. Petugas mengingatkan warga untuk tetap memakai kacamata saat mengamati gerhana matahari cincin agar tidak merusak retina.  Diperkirakan gerhana matahari cincin akan sempurna dilihat pada pukul 12.16 WIB di lokasi tersebut. Muhammad Arifin - Dermawansyah | Siak, Riau