JICC: Cerita Iman Kusumaputra Pengusaha Kopi yang Sukses Buka Gerai di Jepang

Jakarta International Coffe Conference
Jakarta International Coffe Conference (Foto : ANTVklik/Eko Djatmiko)

AntvJakarta International Coffe Conference (JICC) yang digelar di Sarinah Jakarta, sejumlah pegiat kopi masih terlihat antusias untuk mendatangi forum tersebut untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia kopi di hari terakhir pada Minggu, 19 November 2023.

Iman Kusumaputra misalnya, selaku co founder kopi kalyan, dirinya menyempatkan berbagi pengalaman sukses dengan sejumlah pengusaha kopi baik dalam dan luar negeri yang mendatangi forum JICC.

Menurut Iman, selepas kuliah di Australia, dirinya membuka gerai kopi di negeri sakura Jepang dimasa pandemi covid-19 pada tahun 2020 silam.

"Di Kota Shibuya Tokyo Jepang, kami memiliki satu roastery dan satu cafe dan itu merupakan toko pertama kami diluar negeri. Sementara di Indonesia kami memiliki 5 gerai seperti di tiga gerai di Jakarta, BSD dan Surabaya," papar Iman.

Adapun dipilihnya Jepang sebagai kedai perdananya diluar negeri, lanjut Iman mengingat Jepang adalah pusat pertemuan barat dan timur. Warga Jepang bagi Iwan adalah salah satu peminum kopi kelas dunia dan sangat menghargai cita rasa kopi dari negara luar.

img_title
Jakarta International Coffe Conference. (Foto: ANTVklik/Eko Djatmiko)

Sebagai negara besar penghasil kopi dunia, Iman menambahkan bahwa industri kopi di tanah air potensial untuk berkembang dan maju kendati dari segi produktivitas baru menempati peringkat empat besar dunia.