Pemula Merapat! Ini 7 Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal Besar

ilustrasi bisnis online
ilustrasi bisnis online (Foto : pixabay)

AntvCara bisnis online tanpa modal besar mudah untuk kamu lakukan di zaman serba digital sekarang ini, salah satunya ialah dengan memanfaatkan media sosial atau e-commerce. 

Bisnis online sendiri merupakan model bisnis yang dilakukan melalui internet atau platform digital.

Ini melibatkan penjualan produk atau layanan, pemasaran, interaksi dengan pelanggan, dan semua aspek lain dari operasi bisnis yang dilakukan.

Lewat bisnis online, kamu pun bebas menjual barang apapun sejauh tidak melanggar ketentuan.

Namun, tak sedikit yang merasa bingung tentang bagaimana cara memulainya dan apa saja yang perlu dipersiapkan. 

Tenang saja, di bawah ini akan dibahas terkait cara bisnis online untuk pemula yang bisa dilakukan, mari simak ulasannya!

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal Besar

1. Tentukan Platform

img_title
ilustrasi pengusaha. (Foto: pixabay)

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan memilih platform apa yang akan digunakan untuk memulai bisnis online. Pastikan juga agar fokus pada satu platform terlebih dahulu. 

Jika produk yang akan kamu jual cenderung diperuntukkan untuk anak muda, maka bisa mencoba berjualan di media sosial Instagram atau TikTok. 

Tetapi, jika produk kamu cenderung untuk orangtua, pemasaran terbaik bisa menggunakan Facebook atau WhatsApp. Kemudian, kamu juga bisa mencoba berjualan di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan yang lainnya. 

2. Cari Distributor atau Supplier

img_title
Ilustrasi bisnis. (Foto: pixabay)

Setelah kamu menentukan jenis platform apa yang akan digunakan untuk jualan, selanjutnya bisa mencari supplier atau distributor. 

Disarankan untuk kamu mencari distributor tangan pertama, hal itu supaya harga jauh lebih murah. Biasanya distributor tangan pertama akan menyediakan sistem dropship. 

Artinya, kamu hanya perlu menyampaikan orderan pelanggan pada distributor, nantinya mereka yang bakal menyiapkan dan mengirim barang itu ke pelanggan. 

3. Tentukan Tema Toko

img_title
Ilustrasi mengetik. (Foto: pixabay)

Langkah selanjutnya yang patut untuk kamu perhatikan yakni dengan menentukan tema toko. Hal ini cukup penting dalam bisnis online, demi mengatur tema serta desain toko yang kamu miliki. 

Menentukan tema toko ini bisa membantu dalam meningkatkan ciri khas toko dan brand awareness pelanggan. Pastikan untuk mendesain serta tema toko sesuai dengan produk yang kamu jual di toko. 

Misalnya kamu ingin menjual perlengkapan outdoor, maka warna dan desain yang cocok ialah dengan memakai warna-warna alam, seperti cokelat tua, hijau gelap, atau hitam. 

4. Siapkan Foto Produk 

img_title
Ilustrasi bisnis online. (Foto: pixabay)

Foto produk dari barang yang kamu jual diyakini dapat meningkatkan value dari produk itu sendiri, sekaligus bisa mengundang orang untuk membelinya.  

Tak hanya itu, katalog yang dikelola secara serius juga jadi cerminan pelayanan secara profesional yang akan didapat calon si pembeli. 

Foto yang diambil tentunya harus memiliki kualitas yang baik, salah satunya tidak pecah atau buram. Kamu pun dapat memotretnya menggunakan kamera terbaik atau ponsel yang dimiliki. 

Tetapi, jika kamera milik kamu tidak bisa mendukung demi memberikan kualitas yang baik, kamu bisa menggunakan jasa orang yang lebih profesional. 

5. Tentukan Harga Jual 

img_title
ilustrasi bisnis online. (Foto: pixabay)

Langkah mudah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan menentukan harga jual. Kamu bisa menganalisa target pasar dan karakteristik pembeli. 

Kamu juga dapat membandingkan harga dari toko pesaing untuk jenis produk yang sama.

Jangan lupa, kamu harus menyesuaikan dengan harga dari supplier supaya tetap mendapat keuntungan yang diharapkan. 

6. Deskripsi Produk 

img_title
Ilustrasi mengetik. (Foto: pixabay)

Cara mulai bisnis online selanjutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan memberikan deskripsi pada produk yang dijual.

Deskripsi produk yang lengkap akan membuat calon pembeli meyakini jika kamu ialah penjual yang memahami produk, sehingga mereka tak ragu untuk membeli. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa membantu si pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang produk tanpa perlu mereka mencarinya sendiri atau banyak bertanya. 

7. Promosikan Produk yang Dijual

img_title
Ilustrasi Ponsel. (Foto: Pixabay/ JESHOOTS-com)

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan mempromosikan produk. Promosi merupakan langkah terakhir setelah kamu menata toko online sedemikian rupa. 

Usai menentukan tema, foto produk profesional hingga harga yang bersaing, akan sia-sia jika pelanggan tidak mengetahui toko yang kamu kelola. 

Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur Instastory, WhatsApp, atau Facebook Story untuk mengupdate produk supaya kian banyak yang melihat. 

Disarankan untuk membuat konten foto atau video semenarik mungkin, hal tersebut agar orang-orang penasaran dengan produk yang sedang kamu jual. 

Demikian beberapa cara mulai bisnis online yang dapat dilakukan bagi pemula. Bisnis online juga memiliki risiko dan peluangnya sendiri, seperti bisnis lainnya.

Peluang tersebut termasuk potensi pertumbuhan yang cepat dan biaya operasional yang lebih rendah, sementara risikonya meliputi persaingan yang ketat, masalah keamanan online, dan perubahan dalam tren pasar digital.

Sementara, bisnis online saat ini telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan telah menjadi model bisnis yang sangat penting di era digital.