Pria Wajib Tahu! Inilah 6 Tips Menjaga Kesehatan Sperma

Ilustrasi pria
Ilustrasi pria (Foto : Pixabay)

AntvSperma merupakan sel reproduksi jantan pada hewan, termasuk manusia yang memiliki peran penting dalam reproduksi seksual

Secara umum, sperma adalah cairan yang mengandung sperma atau sel-sel sperma yang dihasilkan oleh organ reproduksi jantan, seperti testis pada manusia.

Sementara, jika kamu ingin memiliki sperma yang sehat maka perlu menjaganya dengan baik. Kesehatan sperma sendiri sangat penting untuk kesuburan. 

Jumlah sperma, motilitas (kemampuannya untuk bergerak), dan morfologi (bentuk dan ukurannya) merupakan faktor kunci yang mempengaruhi kesuburan. 

Kesehatan sperma yang buruk dapat menyebabkan kesulitan dalam mencapai kehamilan.

Perubahan kualitas sperma juga bisa menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin merupakan masalah kesehatan secara keseluruhan.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat kamu lakukan demi menjaga kesehatan sperma. Yuk simak!

Tips Menjaga Kesehatan Sperma 

img_title
Ilustrasi Sperma. (Foto: Freepik/ kjpargeter)

Sperma sehat itu penting, sebab bisa memengaruhi kesuburan pria yang ingin memiliki keturunan alias anak.

Sperma yang sehat dapat memengaruhi keberhasilan pembuahan serta kesehatan kehamilan secara keseluruhan. 

1. Konsumsi Makanan Seimbang 

img_title
Ilustrasi makanan sehat. (Foto: Freepik/ rawpixel)

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan sperma, yakni dengan menjaga asupan makanan seimbang. 

Pastikan untuk menambahkan banyak sayuran hijau dan buah-buahan ke dalam makanan. Pola makan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral dapat meningkatkan kesehatan sperma. 

Makanan yang tinggi zinc, vitamin C, dan asam folat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak bermanfaat.

2. Olahraga Teratur 

img_title
Ilustrasi olahraga. (Foto: pixabay)

Seperti yang diketahui, olahraga merupakan aktivitas fisik yang dilakukan oleh individu atau kelompok orang dengan tujuan meningkatkan kesehatan, kebugaran fisik, dan keterampilan atletik. 

Aktivitas ini mencakup berbagai macam jenis kegiatan, mulai dari yang sederhana seperti berjalan kaki atau bersepeda, hingga yang lebih kompetitif seperti sepak bola, bola basket, atau berenang. 

Dalam hal ini, menjaga kebugaran tubuh dan aktif bisa membantu menjaga jumlah sperma yang baik.

Sebuah penelitian menemukan bahwa angkat beban dan aktivitas di luar ruangan paling efektif untuk meningkatkan jumlah sperma.

Kamu bisa melakukan olahraga selama 150 menit atau lebih per minggu untuk menjaga berat badan yang sehat. 

3. Hindari Narkoba

img_title
Ilustrasi narkoba.. (Foto: U-Report)

Narkotika merujuk pada sejenis zat atau obat yang dapat menyebabkan perubahan perilaku, perasaan, atau kesadaran seseorang.

Narkoba sering digunakan secara ilegal dan memiliki potensi untuk menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan sosial. 

Penggunaan narkoba dapat memiliki dampak negatif serius pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

Ini termasuk risiko overdosis, kerusakan organ internal, masalah pernapasan, gangguan tidur, depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya.

Bukan hanya itu saja, narkoba ini ternyata bisa mengganggu kesehatan sperma yang dihasilkan. Oleh karenanya, kamu perlu menghindari konsumsi narkoba seperti kokain, heroin. 

Bahkan konsumsi ganja dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma kamu. Hal terbaik demi menjaga kesehatan tubuh kamu yakni dengan menghindarinya. 

4. Jaga Testis Tetap Dingin

img_title
Ilustrasi bersepeda. (Foto: Freepik/ gpointstudio)

Rasa panas dapat berdampak buruk pada produksi dan kualitas sperma. Hindari mandi air panas dan sauna, batasi waktu yang kamu habiskan untuk aktivitas yang memanaskan testis seperti bersepeda, dan hindari mengenakan pakaian dalam yang ketat. 

5. Hindari Stres 

img_title
Ilustrasi Stres. (Foto: pixabay/Peggy_Marco)

Kesehatan sperma bisa diakibatkan dari stres. Oleh karenanya, cobalah untuk berjalan-jalan atau mulai melakukan yoga untuk menjaga kesehatan kamu. 

Sementara, stres merupakan respons fisiologis dan psikologis yang timbul sebagai hasil dari tekanan atau beban yang dikenakan pada seseorang. 

6. Turunkan Berat Badan

img_title
Ilustrasi berat badan naik. (Foto: Pixabay)

Menurunkan berat badan bagia pria gemuk atau obesitas, merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan kesuburan. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa menurunkan berat badan secara signifikan bisa membantu dalam meningkatkan volume air mani, konsentrasi, mobilitas, demi sperma sehat. 

Jika kamu menurunkan berat badan bahkan berhasil hanya sedikit saja, itu dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan. 

Untuk mencapai tujuan demi penurunan berat badan, kamu mungkin perlu mengatur kebiasaan makan lebih baik yang juga disertai olahraga.

Makanan untuk Meningkatkan Jumlah Sperma 

img_title
Ilustrasi Sperma. (Foto: Pixabay)

Untuk meningkatkan jumlah sperma, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan Zinc. Makanan tinggi zinc antara lain tiram, daging sapi tanpa lemak, bibit gandum, bayam, biji labu, dan makanan laut. 

Selain itu kamu juga harus memasukkan Asam Folat ke dalam makanan. Makanan seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang polong, dan sereal. 

Kamu juga harus memasukkan CoQ10 ke dalam makanan, sebab itu berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, melindungi sel dari kerusakan dan berperan penting dalam metabolisme.

Sumbernya antara lain jeroan seperti hati, daging otot, ikan, kacang tanah, dan biji-bijian. 

Jadi, makanan hanya salah satu faktor dalam kesehatan sperma. Gaya hidup sehat secara keseluruhan, seperti berolahraga teratur, menghindari merokok dan alkohol berlebihan, serta mengelola stres, juga sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi. 

Selain itu, jika ada masalah kesuburan yang serius, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kesehatan reproduksi untuk mendapatkan saran medis yang tepat.