Samarkan Lemak dalam Sekejap! 12 Tips Fashion Agar Tubuh Terlihat Langsing

Ilustrasi tips fashion agar tubuh terlihat langsing
Ilustrasi tips fashion agar tubuh terlihat langsing (Foto : Freepik/ garetsvisual)

Antv – Dalam dunia fashion, ada banyak tips yang berguna untuk menunjang penampilan seseorang agar terlihat lebih baik, salah satunya adalah tips fashion agar tubuh terlihat langsing.

Sebagian besar orang mendambakan bentuk tubuh yang ramping dan ideal demi penampilan yang lebih baik. Tapi, hal itu tentu tidak dimiliki oleh semuanya. Ada berbagai faktor yang membuat seseorang sulit mencapai bodygoals, salah satunya kegemukan.

Masalah kegemukan tentu tidak bisa diatasi dalam sekejap. Diperlukan banyak waktu untuk bisa mencapai bentuk tubuh ideal tanpa mengabaikan faktor-faktor kesehatan, baik fisik maupun mental.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, fashion menawarkan cara alternatif yang berguna untuk menyamarkan lemak-lemak tubuh dalam sekejap dengan serangkaian tips yang sangat bermanfaat.

Penasaran apa saja sih tips fashion agar tampil langsing dalam sekejap? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Kenali Bentuk Tubuhmu

img_title
Ilustrasi berbagai macam tipe bentuk tubuh. (Foto: Freepik/ freepik)

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda, dan penting untuk mengenali bentuk tubuhmu pribadi agar bisa mencari pakaian mana yang cocok dan tidak cocok untukmu.

Apakan tubuhmu memiliki bentuk pir, apel, segitiga terbalik, persegi, atau jam pasir, pilihlah pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuhmu.

Pahami bagian tubuh mana yang ingin kamu tonjolkan atau sembunyikan, dan pilihlah pakaian yang memberikan proporsi yang seimbang.

2. Korset Pelangsing

img_title
Ilustrasi korset pelangsing. (Foto: HauteFlair)

Seperti namanya, korset ini berguna untuk menyamarkan lemak di area sekitar perut, pinggul dan paha secara efektif. Dengan demikian, tubuhmu akan terlihat ramping seketika.

Korset semacam ini akan menciptakan ruang antara dada dan pinggang menjadi lebih proporsional sehingga tubuhmu akan terlihat ramping.

Jika kamu memutuskan untuk mengenakan korset pelangsing semacam ini, perhatikan terlebih dahulu bahannya yang nyaman dan menyerap keringat karena ini akan bersentuhan langsung dengan kulitmu.

Selain itu, pastikan ukurannya sesuai dengan tubuhmu. Jangan sampai korset terlalu menekan tubuhmu berlebihan dan malah menimbulkan masalah baru.

Meski tips fashion agar tubuh terlihat langsing yang satu ini sangat berguna menyamarkan lemak dalam waktu sekejap, sebaiknya jangan digunakan setiap hari. Cukup gunakan di waktu-waktu tertentu saja, dan berikan ruang bagi kulitmu untuk bernapas.

3. Pilih Pakaian Potongan V-Neck

img_title
Ilustrasi wanita mengenakan atasan V-neck. (Foto: Freepik/ shurkin_son)

Pakaian berpotongan V-neck mampu memberikan ilusi leher yang lebih panjang. Sebab, V-neck akan menonjolkan leher dan tulang selangkamu, sehingga lehermu akan terlihat lebih jenjang. Selain itu, ketika tulang selangka terlihat, maka tubuh akan tampak lebih langsing.

Bagi kamu yang tidak memiliki koleksi atasan V-neck, jangan khawatir. Cukup buka kancing kemeja atau blusmu hingga membentuk huruf V. Tapi pastikan buka kedua sisinya dengan rapi, ya!

4. Pilih Pakaian Berwarna Gelap

img_title
Ilustrasi wanita dengan pakaian hitam. (Foto: Freepik/ ASphotofamily)

Tips fashion agar tubuh terlihat langsing selanjutnya adalah pemilihan warna outfit yang gelap. Pakaian berwarna gelap, seperti hitam, navy, atau abu-abu tua akan membantu memperkecil siluet tubuhmu. Dengan demikian, tubuhmu akan tampak lebih langsing.

Selain itu, untuk tampilan yang lebih ramping, pastikan atasan dan bawahanmu berada dalam kelompok arna dan intensitas yang sama atau dengan kata lain, serasi. 

Buatlah kontras seminimal mungkin. Misalnya, pasangkan kaus berwarna biru tua dan celana jins biru tua, hoodie biru muda dengan jins berwarna terang, atau hoodie dan legging berwarna hitam.

5. Hindari Rok yang Terlalu Lebar atau Terlalu Ketat

img_title
Ilustrasi tips penggunaan rok untuk orang bertubuh gemuk. (Foto: Freepik/ master 1305)

Untuk kamu yang senang mengenakan rok, sebaiknya hindari rok yang terlalu lebar atau pun terlalu ketat. Kamu bisa menggunakan rok maxi atau rok berpotongan A Line.

Rok yang berpotongan A dapat menyamarkan lekukan tubuh yang tidak diinginkan, sedangkan rok maxi mampu membuat bagian bawah tubuh terlihat lebih proporsional.

Kamu bisa memadukan rok A Line dan rok maxi dengan atasan yang pas di badan untuk memberikan ilusi tubuh ideal dengan pinggang yang lebih ramping dan bagian bawah tubuh yang lebih besar.

6. Pilih Celana Highwaist

img_title
Ilustrasi wanita dengan celana highwaist. (Foto: Freepik/ mego-studio)

Tips fashion agar tubuh terlihat langsing berikutnya adalah pemilihan celana denganmodel highwaist. Seperti namanya, celana yang menutupi area pinggul ini akan membuat kakimu terlihat lebih jenjang.

Celana highwaist juga dapat menekan perut dan menyamarkan lemak di area itu sehingga pinggangmu akan tampak lebih ramping.

7. Pilih Motif Garis Vertikal

img_title
Ilustrasi wanita dengan atasan bermotif vertikal. (Foto: Freepik/ shurkin_son)

Mengenakan pakaian bermotif garis vertikal akan membuatmu terlihat lebih kurus. Pasalnya, motif ini akan membuat ilusi seolah-olah tubuhmu lebih panjang dan efek visual yang lebih langsing.

Meski demikian, kamu tetap bisa mengenakan pakaian bermotif horizontal selama tidak terlalu menonjolkan badanmu.

8. Letakkan Volume di Tempat yang Tepat

img_title
Ilustrasi wanita dengan outfit berlengan puff. (Foto: Freepik/ freepik)

Meski sama-sama masuk ke dalam kategori gemuk, setiap orang memiliki kelebihan lemak di area yang berbeda-beda. Ada yang kelebihan berat badannya di area tubuh bagian bawah, ada pula orang yang lebih gemuk di area tubuh bagian atas.

Untuk menyiasatinya, letakkan volume pada pakaianmu di tempat yang tepat afar kamu tidak terlihat semakin bulat.

Jika kamu merasa area tubuh bawahmu lebih gemuk, jauhi skinny jeans, rajutan dan rok pensil. Sebaliknya, pilihlah rok dan gaun A Line serta celana kulot dan padukan dengan atasan yang pas di badan.

Sementara itu, jika area tubuh bagian atasmu lebih besar, jangan kenakan kaus ketat. Pilihlah atasan berlengan puff, sweter berbahu longgar, dan kemeja besar dengan bawahan ramping. Dengan demikian, proporsi tubuhmu akan lebih pas.

9. Kenakan Ikat Pinggang

img_title
Ilustrasi fashion wanita dengan ikat pinggang. (Foto: Freepik/ stockking)

Jika masalah utamamu bukan perut buncit, maka menambahkan ikat pinggang adalah tips fashion agar tubuh terlihat kurus.

Apabila kamu pecinta pakaian oversize namun tidak ingin tubuhmu terlihat kotak, tambahkan ikat pinggang tepat di pinggang atau di atas pinggang untuk memberikan kesan ramping pada pinggangmu dan memberi lekukan indah pada tubuhmu.

10. Pilih Pakaian Bermotif Kecil

img_title
Ilustrasi wanita dengan dress bermotif kecil. (Foto: Freepik/ freepik)

Apabila kamu ingin terlihat lebih langsing dari aslinya, kamu bisa memilih pakaian dengan motif-motif yang kecil dan ramai. Pasalnya, pemilihan motif pakaian yang besar justru akan membuat tubuhmu tampak lebih lebar dan berisi.

11. Perlihatkan Pergelangan Tangan dan Pergelangan Kaki

img_title
Ilustrasi tips fashion wanita gemuk. (Foto: Freepik/ master 1305)

Pergelangan tangan dan kaki akan selalu menjadi bagian tubuh yang paling terlihat kecil, berapa pun berat badanmu. Oleh sebab itu, perlihatkan saja!

Dengan area pergelangan tangan dan kaki yang terbuka, kamu dapat mengalihkan perhatian orang dari bagian tubuhmu yang gemuk ke titik fokus yang lain.

12. Perhatikan Postur

img_title
Ilustrasi perbandingan postur tubuh. (Foto: Freepik/ freepik)

Tips fashion agar tubuh terlihat langsing yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, semua tips di atas bisa jadi akan gagal jika kamu tidak memperhatikan postur tubuhmu dengan benar. 

Percaya atau tidak, postur tubuh yang tegap akan memberikan banyak perbedaan pada siluet tubuhmu, jadi jangan ragu untuk berdiri tegak dan tatap dunia dengan percaya diri karena kamu cantik apa adanya!

Nah, itulah beberapa tips fashion agar tubuh terlihat langsing yang bisa kamu terapkan dalam gaya berpakaianmu sehari-hari. Semoga bermanfaat, ya, ANTVLovers!